Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDGI Tanjungpinang Imbau Orang Tua Perhatikan Kesehatan Gigi Anak
Oleh : Habib
Sabtu | 19-10-2013 | 15:31 WIB
jaga_gigi.jpg Honda-Batam
Anak-anak TK dan PAUD di Tanjungpinang saat menggelar aksi gosok gigi massal di Pamedan Ahmad Yani, pagi tadi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Orang tua diimbau untuk tanggap dengan kesehatan gigi anak. Selain itu, orang tua juga diminta memberikan contoh yang baik kepada anak.

"Di Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2013 ini kita ingin mengajak orang tua tanggap terhadap kesehatan gigi anak, mulai dari anak yang paling kecil hingga yang besar. Masalah gigi sering dianggap sepele oleh anak sehingga mereka tidak menyadari bahwa lambat laut kalau tidak dijaga akan merugikan mereka," tutur Wawan, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Tanjungpinang, di sela-sela aksi gosok gigi massal yang melibatkan ribuan anak di Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang, pagi tadi.

Menurut Wawan, cara yang paling baik adalah mendisiplinkan anak untuk menyikat gigi tiga kali sehari. Sehingga, lama kelamaan anak akan merasa kekurangan sesuatu jika mereka belum menggosok gigi.

"Selain itu, perhatikan cara mereka menyikat gigi. Ini yang paling penting. Pilihlah sikat gigi yang lembut, baik untuk anak-anak atau sudah dewasa. Sikat gigi yang bulunya lembut lebih aman dibandingkan sikat gigi yang bulunya kasar karena bisa merusak gigi juga," tutur Wawan. 

Wawan menganjurkan minimal setahun sekali untuk memeriksakan gigi anak ke dokter gigi. "Akan lebih baik jika dua kali dalam setahun diperiksakan, agar lebih terjaga dan terawat," imbau Wawan. (*)

Editor: Dodo