Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pegawai KPLP Tanjunguban Tertarik Belajar Jurnalistik
Oleh : Harjo
Kamis | 17-10-2013 | 12:41 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Menulis ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri, bagi para petugas Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjunguban, Bintan. Sekitar belasan petugas mengikuti pelatihan dengan motivasi tinggi sembari mendengar penjelasan materi dari tutor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam, memberikan materi di aula Dendang Melayu, Kamis (17/10/2013).

Pada umumnya, para pegawai KPLP, ingin mengetahui serta belajar bagaimana menulis dengan baik dan menarik.

"Saya ingin bagaimana sih membuat berita itu," ujar Sukatno, staf senior KPLP, yang menjadi peserta.

Pelatihan jurnalistik ini sudah berlangsung selama dua kali pertemuan. Diadakan satu kali pertemuan setiap pekan dan digagas langsung KPLP Tanjunguban.

Faizal, Kepala Sub Seksi Operasi Pangkalan KPLP Tanjunguban, berharap dari kegiatan ini, para petugas bisa menulis atau membuat laporan harian dengan terstruktur.

"Kita ingin meningkatkan pemahaman pegawai akan pentingnya menulis dalam kaidah jurnalistik biar gampang dipahami," kata Faizal yang pernah menimba ilmu jurnalistik di Sekolah Raja Ali Haji milik AJI Batam ini.

Menurut Faizal, melatih diri untuk cakap menulis sangatlah bermanfaat, baik bagi institusi tempat bekerja maupun secara individu. Dia menceritakan, sebagai pegawai KPLP yang memiliki tugas harian, setiap pegawai harus bisa memberikan laporan pekerjaan secara baik dan mudah dipahami.

"Setidaknya dengan belajar tentang jurnalistik bisa memperbaiki tulisan dalam membuat laporan. Misalnya ada kecelakaan kapal, kan perlu buat laporan," kata dia.

Ketua AJI Batam, Muhammad Zuhri menuturkan, kegiatan semacam ini kerap digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap pentingnya memberikan pemahaman baik itu soal menulis maupun soal dunia jurnalistik.

"Kita memang kerap diminta sebagai nara sumber kegiatan serupa. Mereka ada dari kalangan mahasiswa, umum, hingga pegawai negeri," ujar Zuhri.

Ia menambahkan, saat ini AJI Batam juga memiliki Sekolah Jurnalistik Raja Ali Haji AJI Batam, dan AJI juga memiliki komunitas binaan Sahabat Muda yang terdiri mahasiswa, dan AJI juga bekerja sama dengan program Kepri Mengajar di Tanjungpinang.

Ke depan AJI juga tengah menggagas mendirikan LBH Pers. "Mudah-mudahan di 2014 sudah berdiri LBH Pers AJI Batam," kata Zuhri.

Editor: Dodo