Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Salah Satu Penyumbang Terbesar

2013, Kunjungan Wisatawan di Kepri Meningkat Tajam
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 12-10-2013 | 13:46 WIB
guntur_sakti.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti mengatakan kunjungan wisata di Kepri 2013 menunjukan tren positif dan meningkat tajam dibanding tahun tahun sebelumnya.

Sampai dengan bulan September 2013, tercatat sebanyak 1,2 juta wisatawan asing yang menikmati pariwisata di Kepri, melalui empat daerah yakni Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Karimun.

"Dari periode bulan Januari hingga September 2013 ini saja, tercatat 1,2 juta wisman yang berkunjung di Kepri," kata Guntur kepada wartawan, Sabtu (12/10/2013).

Berdasarkan data yang dimilikinya, Kota Batam keluar sebagai penyumbang terbesar dalam kunjungan wisman yang sebagian besar didominasi wisman dari Singapura dan Malaysia.

"Kami berharap kepada ketiga kota lain, yakni Bintan, Tanjungpinang dan Karimun untuk bisa meningkatkan jumlah wisman mereka," terangnya.

Menurutnya, keempat pintu masuk tujuan wisata di Kepri bisa meningkatkan daya saing dalam bisa menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke daerah mereka, sehingga tak menyajikan destinasi yang tak membosankan.

"Infrasturuktur, moda transportasi yan bersetuhan dengan tourisme wajib diperbaiki lebih bagus, sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisman untuk berkunjung, selain itu bisa bikin even yang berbeda dan menarik," jelasnya.

Masih kata dia, target optimis 2013 sebesar 1,95 juta ini bisa mencapai target, sebab saat ini saja kunjungan wisman sudah menebus angka 1,2 juta. Sisanya 3 bulan kedepan diperkirakan bisa mencapai angka yang ditargetkan pemerintah Kepri.

"Sedangkan untuk Batam target kami sebesar 1,25 juta wisman bisa terlampaui," katanya mengakhiri.

Editor: Dodo