Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Isu Pemindahan Aset Perusahaan Resahkan Ratusan Buruh PT SCI Batam
Oleh : Gokli
Jum'at | 11-10-2013 | 08:59 WIB
PT-SCI-Batam1.jpg Honda-Batam
PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam di Kawasan Industri Tunas, Batam Kota.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan mantan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam, yang sudah sejak lama menunggu kepastian pembayaran gaji dan pesangon, kian resah dengan isu yang sudah beredar luas, jika aset perusahaan akan dipindah lantaran sewa gedung sudah habis.

Dari informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM dari beberapa buruh di PT SCI Batam, pemindahan aset perusahaan asal Jepang itu belum ada disepakati antara Pengurus Unit Kerja (PUK) dengan pihak pengelola kawasan.

"Informasi pemindahan aset itu sudah hampir semua tahu, tapi gimana lanjutannya belum jelas," kata salah seorang buruh di PT SCI Batam yang enggan namanya ditulis, Kamis (10/10/2013).

Belum lama ini, lanjutnya, manajemen perusahaan yang ada di Jepang sudah melakukan pengiriman uang sebanyak USD 54 ribu. Uang itu disebut untuk membayar gaji 15 buruh yang belum dibayar sebelumnya, serta tambahan pembayaran gaji untuk ratusan buruh lainnya.

Dengan adanya transfer dana yang baru masuk itu, gaji ratusan buruh yang belum dilunasi pihak manajemen sekitar 17 persen lagi. Sementara untuk dana pesangon sama sekali belum ada dibayar.

"Dengan dana yang baru ini, belum sepenuhnya dapat melunasi gaji ratusan buruh, apalagi pesangon. Kami berharap Pemerintah Batam dapat membantu menyelesaikan permasalahan PT SCI ini," tutur buruh yang masih aktif datang ke lokasi perusahaan di Kawasan Industri Tunas itu.

Editor: Dodo