Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurikulum 2013, Tantangan untuk Guru
Oleh : Habib
Selasa | 08-10-2013 | 19:07 WIB
nur1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Nur Erwin.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mantan Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpinang yang kini menjabat sebagai pengawas SMA/SMK, Nur Erwin, menilai, Kurikulum 2013 adalah tantangan untuk guru. Kurikulum baru tersebut memang mewajibkan guru untuk berinovasi dan lebih kreatif dalam mengajar dan memberikan pemahaman kepada siswa.

"Kurikulum 2013 ini sejatinya bagus. Hanya saja karena baru, guru kaget dengan perubahan sistem ini. Oleh karena itu guru diminta untuk bergerak cepat mencari bahan dan referensi agar bisa secepatnya dapat menyesuaikan diri dengan sistem baru ini," tutur Nur Erwin saat ditemui di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, hari ini.

Dia mengakui, khusus untuk guru jenjang SMA dan SMK, silabus dan bukunya belum lengkap. Oleh karena itu guru harus bersungguh-sungguh dalam mencari bahan ajar untuk memenuhi kebutuhan siswa.

"Intinya guru harus bersungguh-sungguh, bukan hanya bersifat menunggu bahan datang atau buku siap, melainkan terus mencari agar bahan itui ada dan dapat diajarkan sesuai dengan kurikulum sekarang ini," tutur Erwin. (*)

Editor: Dodo