Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Terdata 600 Ribu, Warga Diimbau Mendaftar Jadi Peserta JKN
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 07-10-2013 | 19:56 WIB

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Masyarakat di Kepulauan Riau diimbau untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan diberlakukan tahun depan. 


"Hingga saat ini baru sekitar 320.000 masyarakat Kepri yang terdata sebagai peserta JKN. Jika ditambah dengan total peserta Jamkesda yang mencapai 300.000, maka jumlah penduduk Kepri yang tercover dalam BPJS (Badan Penjamin Jasa Sosial) baru mencapai 620.000 orang," ujar Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Kepri.

Dia memaparkan, jumlah masyarakat peserta asuransi di Kepri mencapai 1,3 juta lebih, dan seluruhnya tersebut akan didorong untuk menjadi peserta JKN dengan premi yang disetorkan sebesar Rp19.360.

"Memang, BPJS ini nantinya akan ditentukan Pusat sendiri berdasarkan data BPS. Oleh karena itu, masyarakat miskin dan menengah ke bawah di Kepri ini dapat didata semaksimal mungkin melalui RT dan RW hingga ke kecamatan dan Dinas Kependudukan hingga tidak ada lagi warga miskin yang tidak masuk dalam data BPJS ini," ujarnya.     

Dia mengakui, Diskes Kepri meskipun sudah memiliki datanya, namun belum secara detail. Sekali lagi dia berharap, sebelum 2014 seluruh masyarakat dapat sudah dapat terdata.    

"Selanjutnya warga yang belum masuk tetap akan kita didorong menjadi peserta BPJS. Bagi masyarakat menengah ke atas yang memang sudah memiliki asuransi dan kelompok masyarakat setengah miskin, akan akan kembali kita topang dengan dana Jamkesda," pungkasnya. (*)

Editor: Dodo