Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sektor Bisnis Mulai Terimbas 'America Shutdown'
Oleh : Redaksi
Senin | 07-10-2013 | 10:43 WIB
america_shutdown.jpg Honda-Batam
(Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, New York - Menteri Perdagangan Amerika Serikat Penny Pritzker telah memperingatkan bahwa sektor bisnis mulai menderita akibat penutupan pemerintahan.

Komentar ini dikatakan pada forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ketika para pemimpin berkumpul dan menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai situasi di AS.

Pada hari Jumat (4/10/2013), kontraktor pertahanan AS Lockheed Martin mengatakan merumahkan sekitar 3.000 pekerjanya. Jumlah ini mungkin meningkat bila penghentian terus berlanjut.

"Saya kecewa kami harus mengambil tindakan ini dan kami terus mendorong anggota parlemen untuk meloloskan tagihan pendanaan yang akan mengakhiri penghentian ini,'' kepala eksekutif dan presiden Lockheed Marillyn Hewson mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap bahwa Kongres dan Administrasi mampu mengatasi situasi ini secepat mungkin," tambahnya.

Pengumuman itu menyusul keputusan United Technologies untuk memberhentikan sementara 2.000 karyawan mereka.

Perusahaan yang membuat helikopter Blackhawk ini mengatakan beberapa manufaktur sempat terhenti karena tidak ada inspektur pemerintah yang bekerja untuk menandatangani produk.

Pemerintah AS menutup operasional sebagian kantor yang dianggap tidak esensial pada Selasa (1/10/2013) lalu setelah Kongres gagal mencapai kesepakatan anggaran.

Presiden Barack Obama membatalkan perjalanan ke Asia karena hal ini.

"Penghentian ini tidak baik untuk bisnis. Ini tidak baik bagi perekonomian," kata Pritzker.

Salah satu konsekuensi dari penghentian ini adalah tidak mampunya departemen untuk menyusun data-data penting terkait perekonomian.

Sebelumnya Obama juga memperingatkan Wall Street bahwa AS bisa mengalami gagal bayar terhadap utang-utangnya.

Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan bahwa: "Ekonomi AS adalah nomor satu di dunia dan apa yang terjadi di sana mempengaruhi kita semua."

"Perekonomian dunia jelas tidak dalam posisi untuk menahan terlalu banyak kejutan pada saat ini ketika kita baru saja pulih secara global."

Sementara itu, Presiden Cile Sebastian Pinera mengatakan AS harus menghadapi masalah fiskal "dalam cara yang lebih baik daripada yang mereka lakukan sekarang."

Obama menolak untuk bernegosiasi dengan Partai Republik atas isu-isu anggaran sampai mereka meloloskan tagihan sementara untuk membuka kembali pemerintah.

Sumber: BBC