Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bocah Autistik Ini Ajari Pejabat Kepri Cara Membuat Hiasan dengan Bahasa Inggris
Oleh : Dodo
Minggu | 06-10-2013 | 16:14 WIB
bocah_autis_bahasa_inggris.JPG Honda-Batam
Ahmad Fairuz Mahardika ketika menunjukkan bahan-bahan pembuatan suvenir kepada Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Namanya Ahmad Fairuz Mahardika. Baru duduk di kelas 6 SD Kartini 2 Batam. Tak ada yang menyangka jika bocah tersebut merupakan penyandang autistik.

Meskipun anak autistik, Fairuz jago berbahasa Inggris. Kemahirannya berbahasa Inggris terlihat sewaktu menyampaikan tutorial pembuatan hiasan toples di depan Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kepulauan Riau, Atmadinata.


"I will show you how to make fine decorated jar (saya ingin menunjukkan bagaimana membuat hiasan toples yang bagus)," katanya kepada Atmadinata, saat gebyar Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) se-Kepri, di Hotel Pelangi, akhir pekan lalu.

Sebelum memulai, Fairuz menunjukkan bahan-bahan yang dibutuhkan sambil disebutkan dengan bahasa Inggris.

Atmadinata yang mendengar penuturan bocah itu hanya manggut-manggut sambil tersenyum. Sementara, Fairuz tak peduli meskipun orang-orang di sekitarnya tersenyum geli. Dia tetap berceloteh dengan bahasa Inggris, sementara tangannya cekatan membentuk hiasan pada tutup toples itu dengan kain penghias.

Fairuz menunjukkan bagaimana caranya merekatkan hiasan tersebut. "I use gun glue (saya menggunakan lem tembak)," ujar Fairuz sambil menunjukkan "senjatanya" itu.

Atmadinata sempat khawatir jika anak penyandang autistik ini berkerja dengan peralatan listrik dan peralatan yang panas tersebut. Namun, guru SD Kartini 2 yang mendampingi mengatakan jika Fairuz sudah biasa.

Bahkan, kata Fairuz, "No problem. I have hit bye one (Tak masalah. Saya juga sudah kena sekali)," ujar Fairuz menunjukkan jempolnya yang terlihat melepuh terkena pemanas lem silikon tersebut.

Namun sayang, Fairuz gagal mewakili Kepri ke tingkat nasional pada ajang tersebut. (*)

Editor: Dodo