Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Lantik Kepala BKPM dan Wamenkeu Baru
Oleh : Surya
Selasa | 01-10-2013 | 18:49 WIB
Mahendra_Siregar.jpeg Honda-Batam

Mahendra Siregar, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Mahendra Siregar sebagai Kepala Badan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Bambang Brodjonegoro sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa ( 1/10/2013 ).
 

Sebelumnya, Kepala BKPM dijabat Chatib Basri yang kini menjabat Menteri Keuangan. Adapun Bambang sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

Pelantikan dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono didampingi Ny Herawati Boediono, jajaran kabinet, para pemimpin lembaga tinggi negara, dan keluarga Mahendra dan Bambang.

Pelantikan Mahendra Siregar sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) lewat Kepres 11/P/2013, sedangkan Bambang Permadi Sumatri Brojonegoro sebagai Wakil Menteri Keuangan lewat Kepres 117/M/2013. 

Prosesi diawali pembacaan surat keputusan presiden terkait pengangkatan kedua orang tersebut. Setelah itu, dilakukan pengambilan sumpah dipandu oleh Presiden. Keduanya mengucapkan sumpah yang dibacakan oleh SBY.

"Bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini. Langsung atau pun tidak langsung. Dengan nama atau dalih apa pun. Tiada memberikan atau menjanjikan atau pun akan memberikan sesuatu kepada siapa pun juga."

"Bahwa saya, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dalam jabatan ini tiada sekali-kali menerima dari siapa pun juga langsung atau pun tidak langsung sesuatu janji atau pemberian."

"Bahwa saya setia pada UUD 1945 dan akan memelihara segala UU dan peraturan yang berlaku bagi Negara Republik Indonesia."

"Bahwa saya akan setia kepada nusa dan bangsa dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini. Bahwa saya akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara."

Pengambilan sumpah berjalan lancar. Prosesi diakhiri pemberian ucapan selamat kepada keduanya oleh seluruh hadirin.

Editor: Surya