Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Lukisan Terbaik Pelajar Tanjungpinang akan Dipamerkan di Jakarta
Oleh : Agus Harianto
Senin | 30-09-2013 | 11:52 WIB
Lomba-melukis-di-tanjungpinang2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sebanyak 70 pelajar SD dan SMP di Tanjungpinang ikuti lomba melukis LCSAN 2013.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 10 likisan terbaik putra-putri Kota Tanjungpinang dibawa ke Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, untuk kembali dipamerkan dan dilombakan di tingkat nasional dan internasional.

Direktur Pengembangan Seni Rupa Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Wati Murani, selaku ketua pelaksana Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional Tahun 2013 (LCSAN 2013) mengaku kagum dengan hasil yang diciptakan putra-putri terbaik Tanjungpinang dalam lomba yang digelar di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Tanjungpinang, Minggu (29/9/2013) kemarin.

Wati mengaku, hasil yang diciptakan oleh putra-putri terbaik Tanjungpinang dalam bidang seni melekuis dan seni membatik di luar perkiraannya. "Saya tidak menyangka kalau hasilnya sangat luar biasa, di luar dari apa yang kami pikirkan," ujarnya takjub.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan tidak ada juara dalam lomba seni melukis tersebut. Namun 10 orang terbaik, 5 dari SD dan 5 dari SMP berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. Kesepuluh pelukist terbaik itu juga mendapat piagam penghargaan.

"Lukisan-lukisan anak daerah ini akan dibawa ke Jakarta untuk dipamerkan dan dilombakan kembali," ujar Wati Murani.

Kepala Dinas Ekonomi Kreatif Pemko Tanjungpinang, Efiar M Amin, mengatakan acara tersebut merupakan salah satu rangsangan untuk para genersai muda, khusunya para pelajar untuk dapat menyalurkan bakatnya dalam ajang lomba melukis, membatik dan mendesain, yang juga dapat menghasilkan keuntungan untuk dirinya sendiri.

Efiar pun berencana melakukan sejumlah kegiatan lainnya ke depan, dan juga membuat sejumlah rumah atau wadah para pelajar yang kreatif untuk dapat menyalurkan hobinya dan bakatnya.

Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Dinas Ekonomi kreatif Kota Tanjungpinang mengelar Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional Tahun 2013 (LCSAN 2013) untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP di Tanjungpinang.

Dalam LCSAN 2013 dengan tema 'Maju Negeriku dan Indah Budayaku' digelar lomba melukis dengan tema "Seni Budaya Melayu Kepulauan Riau", yang diikuti sebanyak 70 peserta dari 35 SD dan SMP di Tanjungpinang.

Lomba melukis tersebut menelorkan 10 putra-putri terbaik Tanjungpinang, 5 dari tingkat SD dan 5 dari SMP. Kesepuluh putra-putri terbaik Tanjungpinang adalah Fakhriyah Asra Balqis (SDIT Almadinah), Dheyang Anesa (SDN 004), Erisa Angela (SD SION), Emisarah (SDN 008), Novianti (SDN 005), dan Deny Muhamad  (SMPN 1 ), Detty Daffaina (SMPN 2), Vanvang  Asmara Aswati (SMPIT Almadinah), Rahmatullah Widawati (SMPN 5), serta Verianti Liana (SMPN 4).

Editor: Dodo