Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lamba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan

Sebanyak 22 SMK di Batam Perebutkan 1 Tiket ke Provinsi
Oleh : Iwan Hirzal
Sabtu | 28-09-2013 | 17:53 WIB
Cerdas-Cermat-Empat-Pilar-di-Kepri-Mall1.jpg Honda-Batam
Cerdas cermat Empat Pilar Kebangsaan yang diikuti 22 SMK di Batam di Kepri Mall.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 22 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Batam beradu kecerdasan dan ketangkasan pengetahuan seputar Empat Pilat Kebangsaan, di mana yang SMK yang menjadi juara akan mewakili Batam di kejuaraan tingkat Provinsi Kepri.

Lomba kecerdasan ini digelar di Kepri Mall selama tiga hari, Jumat - Minggu (27-29/9/2013), pemenangnya diambil hingga juara ketiga namun hanya juara satu saja yang berhak maju ke Provinsi untuk mewakili Kota Batam.

Ketua pelaksana yang juga Ketua MGMP SMK se-Kota Batam, Melizalina, mengatakan, lomba cerdas cermat Kebangsaan tingkat SMK ini baru pertama kali diadakan di Batam, tujuannya untuk menguji wawasan siswa tentang Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Sebanyak 22 SMK yang ikut dalam acara ini, namun hanya satu sekolah saja yang akan mewakili Batam untuk tingkat provinsi. Setiap sekolah mengirimkan 10 siswa untuk perlombaan ini," ujar Melizalina kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (28/09/2013).

Ditambahkan, pertanyaan yang diberikan oleh juri selama lomba adalah pengetahuan siswa tentang Epat Pilar Kebangsaan tersebut, yang terdiri tiga soal untuk babak menjelaskan dan tiga soal benar salah, serta lima soal rebutan.

"Tujuan cerdas cermat ini juga merupakan wadah mencari bibit siswa berbakat dan cerdas, dan acara ini akan rutin dilakukan setiap tahunnya," ungkap Melizalina.

"Empat Pilar Kebangsaan ini selalu disosialisasikan oleh MPR dan DPR-RI, makanya kami juga berpartisipasi dan mengajarkannya kepada siswa, supaya siswa bisa mengetahui dan memahami," pungkasnya.

Editor: Dodo