Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Axiata Akuisisi AXIS Sebesar $865 Juta
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-09-2013 | 10:59 WIB

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Perusahaan telekomunikasi berpendapatan terbesar di Malaysia, Axiata Group Bhd, pada Kamis mengatakan akan mengakuisisi PT AXIS Telekom Indonesia dengan nilai sebesar $865 juta.

Unit Axiata di Indonesia, XL Axiata, akan membeli 95 persen saham AXIS Telekom dari Saudi Telecom Co dan unitnya Teleglobal Investments BV, ujar Axiata dalam sebuah pernyataan.

XL tengah berencana mengembangkan jaringan bandwidth untuk ekspansi di Indonesia. Meski populasi Indonesia mendekati 250 juta orang, pasar telekomunikasi menunjukkan tanda-tanda kejenuhan.

Akuisisi ini akan membawa manfaat bagi 65 juta pelanggan AXIS dan XL dari segi jangkauan dan layanan yang lebih baik, tulis Axiata.

"Saya percaya semua pelaku industri ini sepakat akan pentingnya konsolidasi dalam industri telekomunikasi," ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Transaksi ini akan selesai pada 2014. Sisa saham sebesar 5 persen di AXIS Telekom akan dimiliki oleh pemegang saham Indonesia untuk mematuhi regulasi pemerintah, tulis Axiata dalam pernyataannya.

Pemerintah sendiri telah memberikan persetujuan untuk transaksi ini. Bank of America Merrill Lynch bertindak sebagai penasihat XL dalam akuisisi ini. (*)

Sumber: The Wall Street Journal