Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT Dirgantara Indonesia Bakal Pasok NC212-200 ke AU Filipina
Oleh : Redaksi
Kamis | 26-09-2013 | 09:57 WIB
nc-212-200-tni-al.jpg Honda-Batam
Pesawat NC212-200 milik TNI AL yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia. Pesawat jenis inilah yang ditawarkan ke Departemen Pertahanan Filipina.

BATAMTODAY.COM, Manila - PT Dirgantara Indonesia (PT DI), disebut-sebut bakal menjadi pemenang dalam tender proyek pengadaan pesawat untuk angkata udara Filipina. Dilansir dari laman InterAksyon, situs pemberita untuk TV5, malah menyebut, PT DI adalah satu-satunya perusahaan yang mengajukan tawaran ke Departemen Pertahanan untuk memasok dua pesawat angkut skala menengah senilai 800 juta peso atau sekitar Rp211 miilar.


Ini pertama kali diungkapkan oleh sumber-sumber militer yang handal dan kemudian dikonfirmasi oleh Wakil Pertahanan Fernando Manalo yang ketika ditanya hanya mengatakan bahwa tawaran dari Indonesia itu sedang dievaluasi. Namun dia tidak menjelaskan.

Menurut salah seorang sumber, ada tiga perusahaan yang membeli dokumen penawaran, tapi hanya PT DI dan Sikorsky Aircraft yang mengajukan penawaran.

Ketika tawaran dibuka di DND di Camp Aguinaldo pada Rabu, hanya PT DI yang dinilai memenuhi syarat sebagai penawar. PT DI menawarkan dengan harga P812.550.000 atau sekitar Rp214 miliar.

Sumber lain mengatakan Sikorsky telah menawarkan C27 Skytruck, sedangkan PT Dirgantara menawarkan NC212-200 Aviocar.

"Asisten Sekretaris, Patrick Velez, telah memberikan kelompok kerja teknis (Angkatan Udara) tujuh hari untuk mengevaluasi tawaran (PT DI)," katanya.

NC-212-200  merupakan transportasi udara yang ringan yang dirancang untuk beroperasi di daerah yang minim dukungan infrastruktur dan mampu terbang dari landasan pacu tak beraspal. Memiliki konfigurasi tinggi sayap dan roda pendaratan tetap, dilengkapi dengan mesin turboprop kembar, dan memiliki kemampuan short take off landing yang sangat baik. (*)

Editor: Dodo