Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Anggota DPRD Kepri Akan Kembali Di-PAW
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 25-09-2013 | 11:19 WIB
Hendriyanto-crop.gif Honda-Batam
Hendriyanto dari PKB, salah satu anggota DPRD Kepri yang akan di-PAW.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tiga anggota DPRD Kepri yang mengundurkan diri dari partai asal dan masuk ke partai lain akan kembali di-PAW dalam waktu dekat ini. Ketiga anggota dewan tersebut antara lain Hendriyanto dari PKB yang pindah ke PPP, Soraya dari PDI Perjuangan yang pindah ke Partai Nasdem, serta Hj Asnah yang meloncat dari PAN ke Partai Gerindra.

"Surat PAW untuk ketiganya sudah kita layangkan ke Mendagri melalui Gubernur kecuali Soraya. Karena, sampai saat ini surat dari PDI-P untuk pengganti antar waktu Soraya di DPRD belum dikirimkan ke dewan," ujar Nur Syafriadi, Ketua DPRD Kepri, belum lama ini.

Nur menegaskan, pelantikan dua anggota dewan Kepri sebagai pengganti antarwaktu kecuali Soraya akan dilakukan sekaligus.

Sementara mengenai pelantikan unsur pimpinan DPRD, Hotman Hutapea, dari Partai Demokrat sebagaimana yang sudah ditetapkan DPRD beberapa waktu lalu, dikatakan Nur Syafriadi tergantung dari inisiatif orang yang bersangkutan.

"Informasih terakhir yang saya peroleh, surat keputusan paripurna yang sudah saya tanda tangani sudah langsung diambil dan dibawa ke Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan penetapan. Pelantikannya tergantung dari Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Riau. Kita di DPRD kapan saja siap melaksanakan acara pelantikannya," kata Nur lagi.

Nur menambahkan, sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada, enam bulan masa berakhir kedudukan DPRD, pihaknya sudah tidak bisa mem-PAW anggota dewan.

"Tetapi kalau ada usulan dari partai, akan kita proses. Namun tanpa orang pengganti dan kursi anggota dari partai yang bersangkutan akan kosong," ujarnya. (*)

Editor: Dodo