Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Lebih Dalam Tentang Diabetes di Seminar Kesehatan RS Awal Bros
Oleh : Sherlyna
Senin | 16-09-2013 | 13:37 WIB
seminar awal bros.jpg Honda-Batam
Seminar kesehatan membahas pecegahan dini terhadap Diabetes Melitus di RS Awal Bros.

BATAMTODAY.COM, Batam - Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit yang banyak pengidapnya di Indonesia. Banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes ini adalah penyakit keturunan, padahal dari sejumlah penderita penyakit ini, masih sedikit yang tercatat disebabkan oleh faktor keturunan.

Penyakit diabetes pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol atau sebagai efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu. Kebiasan hidup sehari-hari juga sangat mempengaruhi orang  terkena diabetes.

Dokter Brain Gantoro, SpGK, dari Rumah Sakit Awal Bros mengatakan penyakit diabetes atau kencing manis merupakan suatu keadaan yang disebabkan oleh gangguan metabolisme dan ditandai dengan kenaikan kadar glukosa darah karena kekurangan insulin secara relatif maupun absolut, selain itu kumpulan gejala yang timbul akibat kadar, gula darah yang tinggi.

"Gejala awalnya seperti badan lemas, polyphagy (banyak makan), polydipsi (banyak minum), polyuria (banyak buang air kecil) dan berat badan menurun. Keluhan akibat komplikasi DM seperti kebas, kesemutan, gatal dan keputihan, luka lama tidak sembuh bahkan impotensi," kata Brain dalam Seminar Kesehatan Memperingati Hari Pelanggan yang diadakan RS Awal Bros belum lama ini.

Brain mengatakan diperlukan pemeriksaan dini seperti kalangan berusia 45 tahun ke atas. Karena di usia tersebut sangat beresiko terkena diabetes, seperti keturunan atau ada kelurga yang menderita diabetes, hipertensi, Dislipidemia (kolesterol tinggi), gemuk, ibu hamil dengan riwayat melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4000 gram.

Selain itu, mereka yang memiliki riwayat keguguran/lahir mati berulang, riwayat gangguan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, tuberkulosis paru dan hipertiroidisme perlu juga dilakukan pemeriksaan.

Faktor lain yang menjadi penyebab diabetes adalah pertambahan usia, kegemukan, gaya hidup buruk, konsumsi tinggi kalori rendah serat, kurang olah raga, perokok dan peminum alkohol.

"Untuk menangani diabetes ini bisa dimulai dengan diet, olah raga teratur, meminum obat dengan rutin serta perhatikan faktor dan psikologis," kata Brain.

Seminar yang didukung oleh Soho Group ini mendapat perhatian yang tinggi dari khalayak. Seperti Ambar, salah satu peserta seminar, menyebutkan banyak pengetahuan yang dia dapatkan dari seminar ini, terutama mengenal diabetes yang telah diidapnya sebulan terakhir.

Sementara itu, Cyntia Latuma, Humas Awal Bros mengatakan selain seminar, pihaknya juga menggelar senam sehat bersama serta pemeriksaan secara gratis cek tensi dan kadar gula dalam darah.

"Kegiatan ini juga akan dilakukan setiap Sabtu kedepannya," kata Cyntia.

Editor: Dodo