Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Mulai Bergerak ke Engku Putri
Oleh : Gokli
Kamis | 12-09-2013 | 09:53 WIB
aksi buruh 129 bergerak.jpg Honda-Batam
Para buruh di Simpang Panbil mulai bergerak ke Engku Putri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kawasan Simpang Panbil berubah menjadi lautan manusia. Pasalny, Ribuan massa Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) turun ke untuk memperjuangkan hak-hak buruh, Kamis (12/9/2023).

Ribuan buruh ini merupakan pekerja dari daerah Industri Tanjunguncang, Sagulung, Mukakuning dan Batam Center.

Informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, ribuan buruh yang turun ke jalan ini hanya massa FSPMI, sementara massa dari beberapa serikat pekerja lain belum nampak. Sebab, bendera serikat yang dikibarkan para buruh ini hanya bendera FSPMI.

Suprapto, Pangkorda Garda Metal Batam, mengatakan, jumlah massa FSPMI yang diturunkan sekitar 5.000 orang, dari empat penjuru lokasi industri. Mereka, kata dia akan menolak rencana penerbitan Instruksi presiden (Inpres) yang membatasi kenaikan UMK.

Tak hanya penolakan Inpres, kata Suprapto ada lima poin tuntutan mereka saat melakukan orasi di BP Batam dan Pemko nanti.

"Sesuai dengan pemberitahuan saya kemarin, FSPMI turun sebanyak 5.000 orang," kata dia.

Sampai dengan pukul 09.40 WIB, ribuan massa mulai bergerak menuju Pemko Batam dan BP Kawasan. Disebut mereka akan melakukan orasi untuk menyampaikan aspirasi buruh di dua kantor instansi tersebut.

Editor: Dodo