Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Buruh Mukakuning Rapatkan Barisan di Simpang Panbil
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 12-09-2013 | 08:47 WIB
Buruh-SPMI1.jpg Honda-Batam
Barisan massa buruh Mukakuning di Simpang Panbil.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan massa buruh Mukakuning yang didominasi buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sudah merapatkan barisan di Simpang Panbil, Mukakuning, sejak pukul 06.30 WIB pagi tadi.

Ketua FSPMI Kepri, Mustofa, mengatakan, mengajak seluruh lapisan masyarakat Batam ikut demo. "Kita ajak seluruh masyarakat Batam, khususnya yang berprofesi sebagai buruh atau pekerja ikut mendesak Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) per 1 Januari 2014," kata Mustofa di tengah ribuan buruh FSPMI di Simpang Panbil.

Mustofa juga memperkirakan bahwa massa buruh dalam aksi penolakan Inpres Pembatasan UMK dan mendesak pemberlakuan BPSJ ini sedikitnya 5.000 buruh akan turun ke Kantor Pemko dan Kantor BP Batam di Batam Centre.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Simpang Panbil, sekitar seribuan buruh sudah merapatkan barisan di sepanjang jalan antara Simpang Panbil hingga RS Casa Medical. Puluhan anggota Polisi juga terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas, karena konsentrasi massa buruh ini mulai memicu kemacetan hingga Dam Mukakuning.

Dari informasi yang diperoleh, massa buruh Mukakuning akan bergerak ke Batam Center sekitar pukul 09.00 WIB dengan pengawalan dari petugas kepolisian.

Editor: Dodo