Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Buruh Tanjunguncang Mulai Terkonsentrasi di Simpang Bintang Industri
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 12-09-2013 | 08:28 WIB
konsentrasi-massa-buruh-di-tanjunguncang2.jpg Honda-Batam
Ribuan massa buruh Tanjunguncang yang terkonsentrasi di Simpang Bintang Industri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh dari berbagai perusahaan yang ada di Tanjunguncang, yang didominasi buruh galangan kapal, mulai terkonsentrasi di Simpang Bintang Industri, Kamis (12/9/2013).

Ribuan massa buruh yang mulai merapatkan barisan sejak sekita pukul 06.30 WIB ini terkonsentrasi antara simpang Bintang Industri hingga simpang Polsek Batuaji.

Konsentrasi ribuan massa buruh ini akan bergerak ke kantor Wali Kota Batam dan BP Batam di Batam Centre guna melakukan aksi demo penolakan Inpres yang membatasi kenaikan UMK dan penolakan rezim upah murah.

Selain itu, massa buruh juga akan mendesak pemberlakuan BPJS dan penyelesaian masalah yang dihadapi buruk PT SCI, yang ditinggal kabur pengusahanya.

Buruh yang sudah terlebih dulu merapatkan barisan untuk aksi tersebut juga meminta buruh lainnya yang hendak masuk kerja untuk memperkuat aksi, sehingga banyak para burung mengurungkan niatnya untuk masuk kerja.

"Bagaimana kami mau ke PT bang, kami dilarang masuk perusahaan oleh pendemo lain," ujar Mangapul Hasugian, salah satu buruh di PT South Pioner Indonesia.

Petugas Polsek Batuaji juga terlihat sibuk mengarahkan massa untuk tidak terkonsentrasi di tengah jalan, agar masyarakat yang akan lewat dapat memakai jalan tersebut. Hingga berita ini diunggah, massa makin bertambah menunggu keberangkatan buruh sekitar jam 09.15. Wib menuju Batam Center.

Editor: Dodo