Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Pencari Kerja Padati CC di Muka Kuning Setiap Hari
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 11-09-2013 | 17:10 WIB
cc-batamindo.gif Honda-Batam
Pelamar kerja di CC Batamindo

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya seribu hingga 1.500 orang pencari kerja memadati Community Center (CC) yang berada di kawasan Batamindo Muka Kuning, setiap hari.

Andi Mappisangka, koordinator keamanan Batamindo mengatakan banyaknya pencari kerja yang masuk ke kawasan industri tersebut disebabkan banyak faktor, termasuk dari segi UMK.

"Soal banyaknya pencari kerja di CC, secara hitungan manual kita tidak bisa, ribuan pencari kerja pasti datang ke sini setiap hari," katanya, Rabu (11/9/2013).

Penyebab membludaknya pelamar tidak sesuai dengan jumlah penerimaan lowongan kerja yang tersedia, dianggapnya sebagian menjadi pemicu tingginya angka pencari kerja.
"Tiap bulan paling tiga ratusan orang saja yang diterima di CC, lainya dari PJTK yang ada, serta rekrutan lain," kata Mappisangka.

Data yang diterima, jumlah perusahaan yang ada di kawasan tersebut berjumlah sekitar tujuh puluhan perusahaan dari berbagai jenis.

Pantauan batamtoday, para pelamar duduk duduk di sekitar CC, sambil menunggu adanya lowongan yang ditempelkan oleh perusahaan. Sementara motor terparkir hingga bibir jalan di luar CC tersebut.

Sonti salah satu pelamar yang dijumpai sedang duduk di bawah pohon akkasia tidak jauh dari gedung CC itu mengatakan, bahwa dia sudah enam bulan melamar di kawasan tersebut, namun belum satupun yang dipanggil.

Editor: Dodo