Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa SMAN 1 Batam Raih Perak dalam OSN di Bandung
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-09-2013 | 15:01 WIB
Sekupang-20130909-00041.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Frea Pida Alfian, siswi kelas 12 SMA Negeri 1 Batam meraih medali perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi di Bandung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Frea Pida Alfian, siswi kelas 12 SMA Negeri 1 Batam meraih medali perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi di Bandung.

Pada OSN yang digelar selama tiga hari sejak Senin pekan lalu itu, Provinsi Kepulauan Riau mengirimkan 13 peserta, 11 siswa dari Batam dan 2 siswa dari Tanjungpinang. SMA Negeri 1 Batam sendiri mengirimkan 4 siswanya.

Keempat siswa itu antara lain Dylan di bidang kimia, Aulia Rizky Hermawan (astronomi), Fiha Ruzieqna (kebumian),  dan Frea Pida Alfian (ekonomi). Dari keempat wakil SMAN 1 Batam, hanya Frea yang berhasil meraih medali.

Frea menjelaskan, bertarung dalam OSN terbilang sulit dan menegangkan. Pasalnya, dia dan kawan-kawan harus bersaing sangat ketat dengan 90 perserta dari berbagai daerah.

"Yang paling sulit itu ketika menghadapi siswa SMA Negeri 08 Jakarta sangat pintar siswanya," ujar  Frea, anak pertama dari dua bersaudara ini.

Kata Frea, jauh-jauh hari ia sudah menyiapkan materi sebelom bertolak ke Bandung. Dia pun mengaku mendapat belajar tambahan dari guru selama empat hari.

Namun, saat ketika mengikuti perlombaan ia tidak merasa gugup atau grogi. Frea sudah sering mendapat penghargaan. Contohnya pada tahun lalu, dia meraih juara pertama tingkat nasional dalam sebuah lomba yang diadakan oleh Bursa Efek Jakarta.

"Kemarin, saat perlombaan materi yang diujikan menurut saya bukan untuk tingkat SMA, melainkan untuk tingkat perguruan tinggi. Alhamdulilah saya mendapat mendali perak," katanya senang.

Kepala SMA Negeri 1 Batam, Muhamad Chaidir, mengaku bangga dengan anak-anak didiknya yang mengikuti OSN tersebut.

"Saya memberikan apreasi kepada siswa yang mendapat medali perak dan yang mengikuti perlombaan tersebut. Saya bangga siswa kita sudah mengharumkan nama sekolah, khususnya sudah mengharumkan nama Provinsi Kepri. Saya berharap  anak didik yang masih duduk di kelas 10 dan 11 bisa mencontoh kakak kelasnya agar ke depanya bisa mendapatkan juara kembali," pungkasnya. (*)

Editor: Dodo