Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh PT Siemens Gelar Pemogokan Kerja
Oleh : Berton Siregar
Senin | 09-09-2013 | 11:55 WIB
pemogokan siemens.jpg Honda-Batam
Pemogokan buruh di PT Siemens, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh PT Siemens Hearing Instruments Batam di Jalan Beringin lot 12, 2ND Floor Kawasan Batamindo Industrial Park, Muka Kuning, Batam, menggelar mogok kerja di pintu masuk perusahaan tersebut, Senin (9/9/2013) pagi.

Pemogokan digelar akibat adanya diskriminasi yang dilakukan manajemen perusahaan terhadap ratusan buruh yang ikut sebagai anggota serikat.

"Pihak manajemen menganggap kami sebagai lawan di perusahaan ini." kata Desy, ketua PUK FSPMI PT Siemens.

Diketahui sebelum kehadiran FSPMI pada November 2012 lalu, banyak kasus yang terjadi di perusahaan itu. Keberadaan serikat dianggap perlu untuk membantu penyelesaian masalah perburuhan. "Kasusnya sudah masuk ke PHI" katanya.

Sementara Atep, juru bicara dalam aksi ini mengatakan ada sejumlah tuntutan yang mereka sampaikan seperti, kebebasan berserikat, kebebasan memberi bantuan buat buruh yang aktif menjadi anggota serikat serta menuntut kepada perusahaan agar dua sopir yang di-PHK secara sepihak segera dipekerjakan kembali.

Menurut Atep, sebelum serikat ini berdiri, sudah ada ancaman dari pihak dari manajemen , yang menyatakan kalau serikat berdiri maka sejumlah fasilitas akan dicabut.

"Tujuh fasilitas akan dicabut yakni Funday, BBQ, ulang tahun, bonus per enam bulan sekali, bonus per tahun dua kali, sembako, family day, Tapi apabila serikat tidak berdiri, lupakan smuanya," kata Atep menirukan pernyataan manajemen.

Editor: Dodo