Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

THR Buruh PT SCI Batam Dilunasi, Gaji dan Pesangon Masih Mengambang
Oleh : Gokli
Sabtu | 07-09-2013 | 12:22 WIB
PT_SCI_Batam_yang_manajemennya_kabur_dan_menelantarkan_seluruh_karyawan.jpg Honda-Batam
PT SCI Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sisa dana THR ratusan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam akhirnya dilunasi setelah dana sebanyak Rp1,43 miliar masuk ke rekening manajemen perusahaan tersebut.

Dana sebanyak Rp1,43 milliar yang sudah masuk ke rekening manajemen PT SCI Batam, dipergunakan untuk melunasi sisa dana THR yang sebelumnya sudah dibagikan sebanyak 70.000 USD. Selain melunasi uang THR, sisa dari Rp1,43 milliar dibuat untuk membayar setegah gaji buruh di bulan Juli.

Sugeng, Wakil Ketua III PUK FSPMI PT SCI Batam, mengatakan gaji bulan Juli yang dibagikan kepada buruh hanya mampu membayar setengah dan sisanya setelah dana berikutnya masuk. Sementara untuk dana pesangon sampai saat ini masih ngambang dan belum ada kejelasan.

"Setegah gaji bulan Juli itu hanya untuk buruh level bawah. Untuk yang level eksekutif ditunda dulu, setelah dana berikutnya masuk," kata dia, Sabtu (7/9/2013) siang.

Saat ini, kata Sugeng, kondisi yang mereka alami di PT SCI Batam makin memprihatinkan. Sebab, sewa gedung tempat asset yang mereka jaga sudah berakhir, dan untuk penerangan buruh mendapat bantuan listrik dengan kapasistas terbatas.

"Kondisinya masih mengambang, entah sampai kapan hak-hak buruh PT SCI Batam terpenuhi," keluhnya.

Editor: Dodo