Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disambangi Watimpres RI, Buruh Minta Permasalahan PT SCI Batam Dilaporkan ke Presiden
Oleh : Gokli
Sabtu | 07-09-2013 | 11:11 WIB
watimpres-sci1.jpg Honda-Batam
Rombongan Watimpres saat menyambangi PT SCI Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) RI bidang Kesejahteraan Masyarakat menyambangi PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam. Buruh meminta agar permasalahan di perusahaan tersebut dilaporkan kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Kunjungan yang dilakukan empat orang anggota Watimpres RI, masing-masing Drs. Kamarullah Halim, Joko Hermanto, Toto Suroto dan Suherman pada Jumat (6/9/2013) sore ke PT SCI Batam untuk melihan kondisi sebenarnya yang dialami oleh ratusan buruh. Dalam kesempatan itu juga, buruh menyampaikan hak-hak mereka yang belum jelas sejak pengusaha asal Jepang itu kabur dari Batam.

Sugeng, Wakil Ketua III PUK FSPMI PT SCI Batam, mengatakan selain hak-hak mereka yang belum dibayar oleh pihak perusahaan, kepada Watimpres RI mereka meminta supaya jangan ada lagi PT SCI lain di Indonesia, khusunya di Batam. Sebab, apa yang dialami buruh PT SCI Batam saat ini sungguh memilukan dan sangat melukai rasa keadilan.

"Kami tidak sekedar meminta hak-hak buruh dibayar, tapi kami juga minta suapaya jagan lagi ada PT SCI lain," kata dia, usai rombongan Watimpres meninggalkan PT SCI Batam.

Dikatakan Sugeng, kepada buruh, Watimpres berjanji akan melaporkan semua yang terjadi dan yang dialami buruh di PT SCI Batam kepada Presiden RI. Selain menjelaskan mengenai kegiatan mereka datang ke Batam, anggota Watimpres juga meminta sejumlah keterangan dari para buruh.

"Kami jelaskan semua, hak buruh yang belum dibayar dan pengusaha sangat gampang kabur dari Batam," katanya.

Informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, kunjungan yang dilakukan oleh Watimpres ke Batam untuk menggali informasi dan melihat langsung mengenai dewan pengupahan, outsourcing dan BPJS. Sebelum mengunjungi, PT SCI Batam, rombongan Watimpres juga mengunjungi perusahaan di Kawasan Industri Mukakuning dan Tanjunguncang.

Terkait kunjungan Watimpres ini, Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto, berharap hal yang disampaikan oleh buruh PT SCI Batam dan yang ditemukan langsung di lapangan agar dilaporkan ke Presiden RI, supaya kesejahteraan buruh diperhatikan.

"Kita sangat berharap dengan datangnya Watimpres ke Batam, akan membawa perubahan bagi buruh, khusunya mengenai kesejahteraan dan kesehatan," tutur Pangkorda Garda Metal itu.

Editor: Dodo