Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Asyik, Mata Pelajaran Seni Budaya Bakal Punya Laboratorium Sendiri
Oleh : Redaksi
Jum'at | 06-09-2013 | 19:58 WIB
kacung-marijan.jpg Honda-Batam
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jika selama ini laboratorium diperuntukkan mata pelajaran bahasa asing dan sain, kali ini pelajaran seni budaya juga akan memiliki laboratorium khusus. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membangun laboratorium seni budaya di sekolah-sekolah menengah.

Pembangunan laboratorium tersebut juga untuk memfasilitasi siswa supaya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seni budaya melalui praktik.

"Selama ini kita kan mengenal laboratoriumnya pun laboratorium fisika, atau kimia. Seni budaya belum ada. Kita tentu saja ingin anak-anak sekolah juga memiliki pengetahuan yang cukup tentang seni budaya. Ini kan perlu tempat. Tempat itu nggak ada,” ujar Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan, di Jakarta, seperti dilansir laman kemendikbud, hari ini.

Direktorat Kebudayaan masih melakukan kajian tentang rencana pembangunan laboratorium seni budaya tersebut. Sesuai rencana, Kemendikbud akan membangun 20 unit laboratorium di sekolah-sekolah percontohan.

Pada tahap awal, pembangunannya difokuskan untuk sekolah-sekolah di perkotaan. Namun menurut Kacung, tidak tertutup kemungkinan laboaratorium tersebut dibangun di daerah. Pembangunan laboratorium seni busaya ini diharapkan bisa terealisasi tahun depan. (*)

Editor: Dodo