Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rahmi Komalawati akan Perjuangkan Haknya Sebagai Anggota DPRD Bintan
Oleh : Redaksi
Jum'at | 06-09-2013 | 15:01 WIB
Rahmi Komalawati mantan anggota DPRD Bintan.jpg Honda-Batam
DPRD Bintan.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Rahmi Komalawati, mantan anggota DPRD Kabupaten Bintan dari Partai Patriot, akan tetap memperjuangkan haknya sebagai anggota dewan, meskipun KPU Bintan sudah menyampaikan secara resmi Pengantian Antar Waktu (PAW) dirinya.

Rahmi menggugat Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu (PAW) Gubernur Kepri Nomor 690 Tahun 2013 tertanggal 19 Juli 2013 melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang di Batam, beberapa waktu lalu. 

"Saya menilai ada akal-akalan dari pihak tertentu dari awal sehingga saya digantikan. Sehingga dari empat yang mengundurkan diri hanya satu yang ditanggapi oleh Gubernur Kepri," ujar Rahmi kepada BATAMTODAY.COM, hari ini.

Dia menuturkan, dari awal ada yang berupaya agar dirinya hengkang dari kursi DPRD Bintan. Indikasi tersebut, katanya, sudah jelas. Apalagi seharusnya KPU Bintan, bukan sejak awal melakukan klarifikasi, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. 

"Ini ada permainan dan hal itu memang sengaja diciptakan. Tetapi saya akan tetap memperjuangkan hak dengan seluruh kemampuan, baik secara hukum dan lainnya. Mudah-mudahan di PTUN nanti bisa memberikan putusan yang seadil-adilnya," harap Rahmi.

Diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Bintan menyatakan Andi Ansar Chalid sebagai pengganti antarwaktu Rahmi Komalawati di DPRD Bintan. Penggantian Rahmi oleh Andi Ansar ini tergolong unik, karena keduanya berasal dari daerah pemilihan (dapil) berbeda. 

Rahmi Komalawati sendiri dari dapil III, sementara Andi Ansar dari Dapil II. Dan, caleg Partai Patriot dari dapil yang sama dengan Rahmi Komalawati juga masih eksis.

Ketua KPU Bintan, Wandra Fadilah, beberapa waktu lalu juga membenarkan jika Andi Ansar Chalid dari dapil II Bintan direkomendasi oleh KPU untuk menggantikan Rahmi Komalawati karena calon penggantinya dari dapil III sudah tidak ada lagi.

"Penggantinya (Rahmi) Andi Anshar dari dapil 2, karena calon pengganti dari dapil 3 tidak ada lagi," kata Wandra saat itu. (*)

Editor: Dodo