Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan Disertai Petir
Oleh : Ali
Rabu | 04-09-2013 | 16:06 WIB
hujan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan dalam beberapa hari ke depan cuaca di wilayah Kepulauan Riau akan terjadi hujan disertai petir. Sehingga diimbaukan kepada masyarakat untuk lebih waspada.

"Situasi ini terjadi karena adanya pola angin belokan (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau yang menyebabkan adanya daerah perlambatan kecepatan angin," ujar Kepala BMKG Hang Nadim, Philip Mustamu, Rabu (4/09/2013).

Lanjutnya, hal ini mendukung terjadinya proses pertumbuhan awann. Dengan kondisi kelembaban udara yang tinggi, peluang pertumbuhan awan menjadi besar.

Dia memperkirakan dua hari ke depan, hingga Kamis (5/09/2013) cuaca di wilayah Batam akan terjadi berawan disertai hujan lokal yang terkadang terjadinya petir. Namun dipastikannya untuk kondisi saat ini masih kondusfif untuk aktivitas transportasi darat, udara, dan laut.

"Tapi kita harapkan untuk warga yang banyak aktivitas di luar ruangan agar tetap waspada jika terjadi hujan dan petir," imbaunya.

Editor: Dodo