Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencana Pemekaran Bintan Belum Sampai ke DPR RI
Oleh : Harjo
Senin | 02-09-2013 | 21:17 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Proposal pemekaran Kabupaten Bintan ternyata belum sampai ke Senayan. Padahal, Komisi II DPR RI sempat hadir dalam musyawarah masyarakat Bintan, beberapa waktu silam.


Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Azis , mengatakan, proposal pemekaran daerah yang masuk dari Kepri baru dari Natuna dan Kundur, Tanjungbalai Karimun.

"Untuk Bintan belum ada disebut oleh Komisi II dan sejauh mana perkembangan dari rencana tersebut juga belum diketahui jelas," ujar Harry kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, belum lama ini.

Dia menyebut, keberhasilan pemekaran itu tidak terlepas dari perjuangan tim dalam menyiapkan seluruh bentuk persyaratan, baik dukungan dari kecamatan dan kelompok masyarakat. Selain itu, sangat penting mendapatkan dukungan dari bupati dan DPRD Bintan.

"Belum tahu apakah bupati dan dewan sudah mengeluarkan rekomendasi secara resmi. Karena setelah itu, baru rekomendasi dari gubernur dan DPRD provinsi. Tidak hanya itu, tim juga harus membuat profil yang berisi masalah ekonomi, politik dan budaya," ujarnya.

Terkait keinginan masyarakat yang berharap untuk dilakukan pemekaran wilayah, Harry berharap supaya disegerakan agar secepatnya masuk dalam pembahasan oleh komisi II DPR RI dan Mendagri, sebelum undang-undang berubah. Jika terjadi revisi peraturan yang menyangkut pemekaran daerah, bukan tidak mungkin syarat pemekaran suatu daerah akan semakin sulit dan rumit.

"Namun karena Bintan berbatasan langsung dengan negara luar, kemungkinan akan menjadi pertimbangan atau referensi utama bagi Mendagri dan Komisi II DPR RI," terangnya. (*)

Editor: Dodo