Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT Pertamina Stop Pasokan Avtur untuk Merpati Nusantara Airlines
Oleh : Redaksi
Sabtu | 31-08-2013 | 16:21 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Pertamina menyatakan telah menghentikan pasokan BBM avtur untuk maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines sejak Jumat. Penghentian tersebut dilakukan karena maskapai masih menunggak utang lebih dari Rp100 miliar.

"Utangnya sudah mencapai 108 miliar rupiah," kata Ali Mundakir, Vice President Corporate Communications Pertamina.

Ali menjelaskan, sebelumnya sudah ada perundingan liabiliti (kewajiban perusahaan terhadap pihak lain) yang tidak boleh mencapai di atas Rp100 miliar. Jika melebihi dari angkat tersebut, maka pasukan avtur akan dihentikan. Namun, pihak Merpati belum jua bisa memenuhi komitmennya. 

Meski demikian penghentian pasokan avtur tersebut hanya dilakukan di bandara Surabaya dan Yogyakarta. Namun untuk pasokan Surabaya telah berlangsung normal, sementara untuk Yogyakarta masih dihentikan. 

Sebelumnya, PT Pertamina juga pernah menghentikan pasokan avtur untuk Merpati. Utang maskapai plat merah ini pada Pertamina hingga 2011 mencapai Rp270 miliar. Pihak Merpati diberi kesempatan untuk membayar utangnya sejak 2010. Karena tak kunjung dilunasi, pasokan avtur distop, namun hanya untuk bandara di Makassar dan Surabaya.

Setelah dilunasi, PT Pertamina kembali menyalurkan avtur untuk Merpati. (*)

Editor: Dodo