Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Lantik Panglima TNI dan KSAD Baru
Oleh : Surya
Jum'at | 30-08-2013 | 19:42 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen Budiman. Pelantikan digelar di Istana Negara, pada Jumat (30/8) di Istana Negara.

Pelantikan Panglima TNI yang baru dikarenakan Panglima TNI Agus Suhartono telah memasuki masa pensiun. Laksamana Agus Suhartono memasuki masa pensiun pada 25 Agustus 2013. Namun untuk mempersiapkan penggantinya, masa pensiun Agus diperpanjang hingga akhir bulan Agustus

Jenderal Moeldoko yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD, ditunjuk Presiden SBY sebagai Panglima TNI menggantikan Agus.

Moeldoko sendiri yang dipilih menjadi Panglima TNI menggantikan Agus, belum genap enam bulan menjabat sebagai KSAD. Moeldoko dinilai memiliki prestasi baik. Pria kelahiran Kediri, 8 Juli 1957, itu merupakan perwira penerima bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akabri tahun 1981.

Sebelumnya DPR melalui sidang paripurna, Selasa (27/8) menyetujui Moeldoko sebagai Panglima TNI baru setelah dinyatakan lulus uji kepatutan dan kelayakan yang digelar Komisi I DPR.

Sementara posisi KSAD diisi oleh Letjen Budiman. Budiman sebelumnya bertugas sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) di Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Penunjukan Sekjen Kemhan Budiman sebagai KSAD merupakan rekomendasi Laksamana Agus Suhartono. Budiman yang juga salah satu lulusan terbaik Akabri dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjabat KSAD.

Editor: Surya