Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangun Tangki Minyak Layani 3 Negara

Investor Asal Jerman Tanam Investasi Rp2,4 Triliun di Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 29-08-2013 | 18:47 WIB
lahan_Oil_Tanking.jpg Honda-Batam
Lahan tempa akan dibangunnya tangki minyak PT Oil Tanking yang akan melayani tiga negara.

BATAMTODAY.COM, Karimun - PT Oil Tanking menanamkan invetasinya di Karimun, sebesar 220 juta Dolar Amerika Serikat atau berkisar Rp2,4 triliun, di atas lahan 60 hektar. Namun pada tahap I ini, luas lahan yang digunakan sekitar 25 hektar. Nantinya perusahaan Jerman tersebut akan melayani BBM Karimun, Singapura dan Malaysia.

Pada acara peletakan batu pertama pembangunan PT Oil Tanking, Kamis (29/8/2013) yang lokasinya bersebelahan dengan PT Karimun Sembawang Shipyard (KSS),  Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, hadirnya perusahaan yang bergerak di bidang minyak di Bumi Berazam ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Karimun ke arah yang lebih baik lagi.

Ditambahkan, saat ini sudah ada 86 perusahaan yang sudah berinvestasi di Karimun dengan rincian 77 PMDN dan 9 PMA. Dari keseluruhan perusahaan yang telah hadir itu terdapat nilai investasi sebesar Rp8,1 Trilun.

"5 triliun lebih dari PMA dan 3 triliun dari PMDN, yang telah menanamkan nilai invetasinya," terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Rafiq menambahkan akan terjadinya PHK tenaga kerja secara besar-besaran di PT SKIB Karimun, yang terletak di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat. Namun, dengan kehadiran  PT. Oil Tanking Karimun ini, dapat membantu tenaga kerja yang di-PHK nantinya.

"Pemkab Karimun selalu menyambut setiap perusahaan yang melakukan investasi. Namun setiap perusahaan juga harus juga memperkerjakan tenaga lokal," tegas Rafiq.

Sementara itu, General Manajer (GM) PT Oil Tanking Karimun, Sven Partzsch mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Karimun yang sudah bersedia menerima kehadiran perusahaan yang bergerak di bidang migas.

"PT Oil Tanking Karimun nantinya akan menyimpan BBM hitam dan putih. Sedangkan pelabuhan memiliki 4 sandaran untuk kapal kecil sampai kapal besar. Nantinya akan melayani kebutuhan BBM di Karimun, Singapura dan Malaysia. Sebab Karimun dengan kedua negara tersebut sangat dekat sekali," kata Partzsch .

Lebih jauh, Partzsch menyampaikan, hadirnya PT Oil Tanking pada tahun 2008 lalu di Kota Merak, Provinsi Banten yang pertama kalinya. Kemudian 2009 President Oil Tanking Asia Pacsifik berinisiatif membangun perusahaannya ditempat lain. Sehingga maka terpilihlah Karimun sebagai daerah pilihan kedua.

Dalam peletakan batu pertama, selain dihadiri unsur FKPD, SKPD, beberapa pihak perusahaan dan pengusaha juga turut hadir, President PT Oil Tanking Asia Pasifik, Koen Verniers, President Oil Tanking Karimun, Koen Hubner serta Direktur Garford, Anby Ranmasany.

Sebelum peletakan batu pertama terlebih dahulu dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Koen Hubner dan  General Manajer (GM) PT Oil Tanking Karimun, Sven Partzsch diberikan kepada Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Editor: Dodo