Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurikulum 2013, Guru Dituntut Lebih Kreatif dan Pintar
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 28-08-2013 | 15:06 WIB
kurniadi tasrief.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Qurniadi Tasrief, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Guru dituntut untuk lebih pintar dan kreatif. Penerapan Kurikulum 2013 ini lebih menekankan bagaimana siswanya untuk mau belajar sendiri.

"Kalau dulu guru lebih dominan daripada siswa, pada Kurikulum 2013 ini justru menuntut siswa lebih kreatif belajar dan guru dituntut lebih pintar karena harus bisa mengarahkan agar siswa mau belajar sendiri. Jadi, perannya dalam pola pembelajaran dibalik menjadi siswa yang lebih dominan bukan guru," ujar Qurniadi Tasrief, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, hari ini.

Meskipun buku berbasis Kurikulum 2013 belum kunjung datang, penerapan kurikulum baru untuk tingkat SD, SMP dan SMA berjalan dengan baik dengan metode pembelajaran menggunakan CD yang telah dibagikan.

Qurniadi  menjelaskan, pelaksanaannya sendiri menggunakan CD memang perlu beberapa penyesuaian sehingga jika guru tidak aktif tentunya siswanya pasti terketinggal pelajaran.

"Sebelum kurikulum baru ini dilaksananan, metode pembelajaran itu guru tidak terlalu aktif. Contohnya guru banyak meninggalkan ruang kelas saat mengajar. Kalau sekarang guru tidak bisa meninggalkan kelas," ujar Qurniadi Tasrief. (*)

Editor: Dodo