Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru SMA Sederajat di Karimun Ikuti Pelatihan Pengembangan Kurikulum Tahun 2013
Oleh : Khoiruddin
Rabu | 28-08-2013 | 09:21 WIB
Pelatihan-Kurikulum-2013-Bagi-Guru-SMA.jpg Honda-Batam
Sejumlah guru SMA di Karimun mengikuti pelatihan pengembangan Kurikulum 2013 bagi guru di Wisma Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 60 orang guru bidang studi tingkat SMA sederajat mengikuti pelatihan pengembangan Kurikulum 2013. Pelatihan yang berlangsung di Wisma Karimun selama 5 hari (26-30 Agustus 2013) itu bertujuan untuk mempersiapkan guru dan satuan perangkat pendidikan lainnya, dalam penerapan dan implementasi kurikulum 2013 itu sendiri.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Kabid Dikmenjur Disdik) Kabupaten Karimun, Herdan Firdaus SSos kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (28/8/28/2013) di lokasi menjelaskan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini maka sebagai tenaga pengajar harus menjunjung tinggi profesionalisme.

"Guru merupakan pintu gerbang inovasi sekaligus gerbang menuju pembangunan yang terintegrasi. Untuk itu, setiap guru harus menguasai perangkat pendidikan yang telah disesuaikan dengan perkembangan jaman dan IPTEK yang ada sekarang ini," ungkapnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan pelatihan ini berasal dari Widiyaiswara Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau, antara lain Elly MPd dan Wiserman SPd.

Kurikulum, kata Herdan lagi, memegang peran penting sebagai implikasi dari pentingnya inovasi pendidikan yang menuntut kesadaran tentang peranan guru. Disamping itu, kurikulum juga sebagai penentu arah proses pendidikan dalam pencapaian sasaran, sesuai dengan kondisi maupun tuntutan jaman.

"Kurikulum dan Pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum tidak akan berfungsi manakala tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Sebab kurikulum adalah acuan pembelajaran yang sangat efektif," terangnya.

Pada dasarnya, Herdan menambahkan, kurikulum menengah dan kejuruan menghasilkan pengaruh positif terhadap guru dan peserta didik itu sendiri, sehingga mereka mampu menghadapi masa depannya agar lebih baik lagi tentunya.

"Kegiatan ini merupakan program kerja bidang pembinaan pendidikan menegah dan kejuruan Disdik Karimun tahun 2013," pungkasnya.

Editor: Dodo