Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunggu Buku, Dinas Pendidikan Batam Bagikan CD Pembelajaran Kurikulum 2013
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 27-08-2013 | 16:33 WIB
kurniadi tasrief.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Qurniadi Tasrief, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Batam sejak kemarin, namun buku-buku pelajaran yang sesuai masih belum tersedia. Dinas Pendidikan Kota Batam akhirnya mebagi-bagikan cakram padat (compact disc/CD) pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 ke sejumlah sekolah yang ditunjuk menerapkan kurikululm baru itu.

Kepingan CD materi pembelajaran Kurikulum 2013 itu dibagikan untuk 186 sekolah, yang terdiri dari 127 SD, 46 SMP, 15 SMA, dan lima SMK.

"Sebelum menunggu proses pencetakan buku manual Kurikulum 2013 diluncurkan ke sekolah-sekolah, Dinas Pendidikan menyediakan CD pembelajaran," ujar Qurniadi Tasrief, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, hari ini.

CD tersebut berisikan lima tema pelajaran di masing-masing tingkatan pendidikan, seperti di tingkatan SD kelas I dengan tema Diriku Proses Pembelajaran Mandiri. Satu tema bisa memakan waktu satu bulan.

"Kalau bukunya sudah siap dicetak, kita akan kirimkan langsung ke sekolah dan CD-nya masih bisa digunakan kaerna pembelajaran metode kurikulum baru ini siswa dituntut lebih aktif," kata Qurniadi.

Selain menyerahkan CD pembelajaran, Disdik juga memberikan proyektor ke masing-masing sekolah agar membantu proses pembelajaran sehingga setiap sekolah memberlakukan pembelajaran tersebut.

"Sampai saat ini kita menyerahkan CD pembelajaran yang mencangkup semua mata pelajaran ke masing-masing sekolah," pungkasnya.

Selain membagikan kepingan CD, sejumlah sekolah juga terpaksa berinisiatif untuk memfotokopi buku pembelajarannya, seperti yang dilakukan SMAN 4 Batam di Tiban Kampung.

"Pagi tadi sudah difotokopi untuk pembelajaran hari pertama ini sehingga kegiatan belajar mengajar siswa-siswi tidak terbengkalai," ujar Tapi Winati, Kepala SMA Negeri 4 Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (26/8/2013) kemarin. (*)

Editor: Dodo