Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Taspen akan Beli Saham Dalam Negeri Rp5 Triliun
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-08-2013 | 16:36 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lembaga pengelola dana pensiun, PT Taspen, akan membeli saham dan obligasi dalam negeri senilai Rp5 triliun dalam beberapa hari mendatang, menyusul aksi jual di bursa.

"Kami berharap (pembelian saham) ini dapat menyokong pemulihan pasar," kata Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro, kepada The Wall Street Journal di sela-sela sebuah konferensi. 

Taspen mengelola dana pensiun senilai Rp90 triliun.

Saham turun nyaris 9 % dalam dua hari terakhir. Pelemahan ini dipicu penarikan investasi oleh asing akibat defisit transaksi berjalan yang kian melebar, kenaikan inflasi, serta perlambatan pertumbuhan ekonomi. Secara lebih luas, pemodal asing juga menarik investasi dari negara-negara berkembang sebagai bentuk antisipasi terhadap rencana pelonggaran program stimulus Amerika Serikat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu mengatakan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi terbaru. Pengumuman yang bakal digelar Jumat mendatang bertujuan untuk memperkuat fundamental ekonomi, menangkal lonjakan inflasi, serta menghindari kenaikan tingkat pengangguran.(*)

Sumber: The Wall Street Journal