Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diminta Atau Tidak, Kasek SMPN 2 Karimun Tetap Harus Diganti
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 21-08-2013 | 20:16 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun - Perseteruan antara belasan guru SMPN 2 Karimun dengan kepala sekolahnya, ditindaklanjuti Dinas Pendidikan. Kepala SMPN 2 akan segera dipindahkan ke sekolah lain.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, mengakui, belasan guru SMPN 2 melakukan aksi keberatan ke kantor Dinas Pendidikan dan DPRD, bertujuan untuk meminta agar kepala sekolah mereka diganti karena sudah terlalu lama menjabat. 

Bakri menyesalkan tindakan para guru tersebut yang kurang bersabar sehingga mengedepankan emosional dan bukannya menjunjung tinggi profesionalisme mereka sebagai seorang pendidik.

Dia menuturkan, pada bulan puasa lalu, Dinas Pendidikan sudah memfasilitasi pertemuan antara guru-guru dengan Kepala SMPN 2 Karimun. Dalam pertemuan tersebut, ke-17 guru yang keberatan itu menyampaikan ketidakpuasan dan meminta kepala sekolahnya diganti pada tahun pelajaran baru ini karena sudah menjabat sekitar 10 tahun.

Menurut Bakri, permintaan para guru itu harus dilakukan melalui proses dan prosedur yang mengacu pada Permendiknas Nomor 28 tahun 2010. "Pelakasanaan mutasi kepala sekolah sudah menjadi program Dinas Pendidikan. Tanpa diminta pun memang seharusnya akan dipindah. Kita mengacu kepada Permendiknas tersebut," ujar Bakri kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (21/8/2013). 

Saat ini, imbuh Bakri, sudah dilaksanakan tes seleksi kepala sekolah oleh LP2KS dari Kota Solo. Sehingga, berdasarkan acuan dan hasil tes itu nantinya, Dinas Pendidikan Karimun memutasi dan mengganti Kepsek yang telah memasuki masa mutasi.

"Sesuai di Permendiknas itu, masa jabatan untuk satu periode itu selama 4 tahun. Akan tetapi, jika pada periode pertama itu tidak melakukan kesalahan, maka jabatan kepala sekolah bisa diperpanjang satu periode lagi. Setelah dua periode menjabat, pernah melakukan kesalahan atau tidak, tetap harus diganti," terangnya.

Bakri pun mengungkapkan, pergantian kepala SMPN 2 Karimun sudah akan dilaksanakan. Hanya saja masih ada program kerja yang belum terselesaikan sehingga hal itu belum dapat terealisasi. (*)

Editor: Dodo