Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru di Batam Diberi Pembekalan Kurikulum 2013
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 21-08-2013 | 16:05 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kurikulum 2013 akan segera diterapkan di Kota Batam. Rabu (21/8/2013) pagi tadi, ratusan guru telah diberi pembekalan mengenai kurikulum baru itu oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

Meski pembekalan kurikulum baru kepada guru ini dilakukan setelah tiga hari masuk sekolah, namun menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, masih tergolong cepat dibanding daerah lain di Provinsi Kepri. "Pembekalan dilakukan selama lima hari," kata dia.

Muslim mengatakan, dengan adanya pembekalan ini para guru dapat menerapakan Kurikulum 2013 dengan baik kaerna kurikulum baru ini tak jauh beda dengan KTSP yang sebelumnya dipergunakan.

Pembekalan Kurikulum 2013 kepada ratusan guru ini, imbuh Muslim, dilakukan serentak di beberapa tempat. Untuk pembekalan guru SD sebanyak 638 orang dilakukan di SMPN 20. Pesertanya terdiri dari guru kelas I dan 4, Penjaskes, serta Seni dan Budaya.

"Mata pelajaran Bahasa Inggris sudah jadi pelajaran ekternal, kalau dulu hanya muatan lokal," jelasnya.

Sementara itu, pelatihan untuk guru SMP sebanyak 460 orang dilakukan di SMPN 26. Pembekalan yang diberikan untuk guru IPA, IPS, PPKN, Penjaskes, Bahasan Indonesia, Bahasa Inggris, serta Prakarya dan Seni Budaya. 

Sedangkan pembekalan untuk guru SMA dilakukan di SMKN 1. Jumlahnya sebanyak 93 orang. "Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya sekarang dipisah," ujarnya. (*)

Editor: Dodo