Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria Lebih Rawan Alami Kanker Kulit
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-08-2013 | 10:13 WIB
sel_kanker.jpg Honda-Batam
Sel kanker.

BATAMTODAY.COM, London - Sebuah laporan menunjukan jumlah pria yang meninggal akibat kanker kulit jauh lebih banyak daripada wanita yang meninggal akibat kanker yang sama.

Pusat Riset Kanker di Inggris mengatakan setiap tahunnya, jenis kanker kulit yang paling serius yaitu melanoma ganas membunuh 1.300 pria dan 900 wanita.

Kesenjangan angka ini diperkirakan akan melebar. Salah satu alasannya bisa jadi karena laki-laki menunda mencari bantuan, tetapi faktor biologi juga dapat berperan.

Profesor Julia Newton Bishop, seorang peneliti di pusat kanker tersebut, memperkirakan perempuan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

Ia mengatakan: "Penelitian menunjukkan perbedaan korban antara kedua jenis kelamin, bisa karena laki-laki mungkin didiagnosis ketika melanoma berada pada tahap lanjut."

"Tapi ada juga tampaknya yang menjadi alasan biologis yang kuat, dan kami sedang meneliti untuk lebih memahami mengapa tubuh pria dan wanita berurusan dengan melanoma dengan cara yang berbeda."

Kekhawatiran lain yang timbul adalah karena diagnosis cenderung terlambat pada pria.

Kanker pada pria juga lebih sering berkembang di wilayah punggung daripada lengan dan kaki. Hal ini membuat mereka lebih sulit untuk memeriksa.

"Meminta pasangan untuk memeriksa punggung anda adalah ide yang baik," kata Newton-Bishop.

Tingkat kematian akibat melanoma maligna telah meningkat di Inggris sejak awal 1970-an.

Tingkat kematian pada pria saat ini lima kali lebih tinggi daripada 30 tahun yang lalu - naik dari 2,7 per 100.000 menjadi 17,2 per 100.000-.

Penyakit ini dapat dicegah dengan menghindari terlalu banyak berjemur dan menggunakan tempat tidur matahari.

Untuk melindungi kulit, orang disarankan menggunakan tabir surya yang setidaknya mengandung SPF15 dan perlindungan UVA.

Perubahan di kulit juga harus disadari, termasuk pertumbuhan tahi lalat baru atau tempat atau tahi lalat yang gatal, sakit, berdarah atau sulit sembuh.

Pengobatan lebih mungkin berhasil jika melanoma terdeteksi lebih awal.

Sumber: BBC