Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Promosikan Investasi, BP Batam Turut Serta di Expo Kongres Diaspora ke-2
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Selasa | 20-08-2013 | 15:05 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengawasan (BP) Kawasan Batam turut serta dalam dalam acara kongres kedua Diaspora Indonesia pada tanggal 18 - 20 Agustus 2013 serta pameran Indonesia Hebat Expo di Gedung Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta yang langsung dibuka langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Disampaikan oleh Dwi Djoko Wiwoho, Direktur PTSP dan Humas BP Batam melalui siaran persnya bahwa Diaspora yang berarti perantau, yaitu orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke daerah atau ke negara lain dalam rangka mencari kehidupan yang lebih baik.

Terdapat 3 kategori Diaspora Indonesia, mereka adalah WNI yang bertempat tinggal di Negara lain, WNI yang telah menjadi WN asing dan warga negara asing, tetapi mereka memiliki afinitas (simpati) untuk Indonesia. Dan terdapat lima pilar dari diaspora Indonesia, yaitu Bisnis dan investasi, Kegiatan Sosial, Pertukaran Pelajar, Advokasi Kebijakan, dan Profesional Networking.

"Keikutsertaan BP Batam dalam Indonesia Hebat Expo di JCC, yaitu untuk memberikan berbagai informasi mengenai perkembangan investasi, serta prospek pembangunan Batam di masa depan sebagai kawasan industri yang kompetitif di kawasan Asia Tenggara," terang Djoko.

Antusias masyarakat banyak ditunjukkan dalam menghadiri acara expo tersebut, khususnya stand BP Batam yang merupakan satu-satunya stand yang berfokus kepada pengembangan investasi, infrastruktur dan pengembangan green industry, selain dari (BKPM yang hanya terfokus di investasi), dan banyak di antara mereka yang masih belum mengetahui apa itu BP Batam.

"Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang ke stand BP Batam yang mencari informasi mengenai perkembangan Batam saat ini, seperti yang di katakan oleh Kepala Biro Surat Kabar Straits Times Singapore yang berkunjung ke stand BP Batam, dia sangat berharap Batam akan terus berkembang dengan berbagai potensi yang dimilikinya," ujarnya.

Diharapkan dari Kongres Diaspora Indonesia ke-2 tahun 2013 tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia bagian Sumatera (Kepri), dengan visi dan misinya dapat memberikan nilai tersendiri dalam prospektif masyarakat Indonesia.

"Khususnya yang hadir dalam acara Indonesia Hebat Expo di Jakarta, maupun para tamu asing yang juga hadir dan ingin melihat Indonesia terus berkembang dengan baik," kata Djoko.

Editor: Dodo