Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh Mogok Kerja, PT ASL Lumpuh Total
Oleh : Berton Siregar
Selasa | 20-08-2013 | 12:25 WIB
mogok asl.jpg Honda-Batam
Polisi berjaga di gerbang PT ASL seiring dengan berlangsungnya pemogokan buruh di perusahaan tersebut.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas di PT ASL Tanjunguncang lumpuh total setelah ratusan buruh dari dua perusahaan sub kontraktor menggelar aksi pemogokan kerja, Selasa (20/8/2013).

Para buruh subkon dari PT LA Engineering dan PT Fara's ini diketahui mogok lantaran hak mereka belum diberikan oleh dua perusahaan tersebut.

Abrian Saputra, Korlap PT Fara's, dan Leonardo Sinaga Korlap dari PT LA Engineering, yang ditemui di kawasan PT ASL mengatakan, aksi mereka dilakukan untuk menuntut penyesuaian upah sesuai dengan UMK.

"Sejak UMK ditandatangani oleh Gubernur Kepri per Januari kemarin, ratusan pekerja di kawasan ASL masih memperoleh UMK lama," kata Abrian.

Selain itu, para buruh juga menuntut pihak perusahaan mereka bekerja mempekerjakan kembali teman mereka diberhentikan secara sepihak. Para buruh ini juga telah menandatangani kontrak kerja berulang kali, bahkan ada yang hingga 13 kali.

Sementara itu, Kapolsek Batuaji, Kompol Ardiyanto mengatakan pihaknya hingga saat ini masih melakukan pengamanan di lokasi, sambil menunggu hasil perundingan yang kini berlangsung di Mapolresta Barelang.

"Perundingan yang sempat berlangsung di PT antar manajemen dengan buruh, tidak ada kata sepakat. Dan sekarang perundingan dilakukan di Polres," kata Ardiyanto.

Hingga berita ini diunggah, puluhan buruh masih menunggu di pinggir jalan menuju lokasi PT ASL tersebut, dengan pengawalan dari pihak Kepolisian Sektor Batuaji.

Editor: Dodo