Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mau Jadi Batman, Cukup Sediakan 822 Miliar Rupiah!
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-08-2013 | 15:59 WIB

BATAMTODAY.COM - Anda pasti sudah kenal dengan Batman, tokoh superhero khayalan yang diciptakan seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger. Tapi, tahukah Anda berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjadi The Dark Knight (pahlawan kegelapan) ini, seperti dalam film trilogi debutan Christopher Nolan?

Laman moneysupermarket.com merinci akesoris dan perangkat tarung yang dibutuhkan si manusia codot ini. Setelah ditotal, terkumpullah biaya sebesar 682.451.350 dolar atau sekitar 682 juta rupiah.


Tapi, Movieclips Trailers secara lebih detail menganalisis biaya kebutuhan untuk menciptakan Batman, plus aksesorisnya. Setelah kalkulator dipencet-pencet, didapatlah angka 79.237.480.98 dolar Amerika atau "cuma" sekitar 822 miliar rupiah! 

Lantas, siapa yang butuh membeli kapal pesiar atau koran ketika Anda dapat mengubah diri menjadi Batman? Yang benar adalah, sebagian besar dari biaya Batman adalah pada Batwing, benda yang hampir nyata seperti kendaraan US Marine V-22 Osprey milik militer Amerika, yang berkisar 60 juta dolar. 

Jika anggaran untuk pesawat tempur canggih itu dipotong, tinggal 20 juta dolar (sekitar 2 miliar rupiah lebih), dan cukuplah dengan 20 juta dolar itu Anda sudah bisa menjadi - mirip - Batman.

Agar bisa melemparkan boomerang ala Batman - dikenal sebagai Batarang DIY, Anda tak perlu repot. Tapi, si Bruce Wayne perlu merogoh kocek sampai 45 dolar atau sekitar 467 ribu rupiah setiap batangan logam. Tak apalah, setengah juta rupiah untuk sekali lempar - itu pun kalau kena sasaran. (*)

Editor: Dodo