Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadiri Upacara HUT RI, Buruh PT SCI Batam Ingin Kemerdekaan yang Sesungguhnya
Oleh : Gokli
Sabtu | 17-08-2013 | 13:19 WIB
17-8_buruh_sci.jpg Honda-Batam
Para buruh PT SCI antusias mengikuti jalannya uapacara di Lapangan Temenggung Abdul Jamal.

BATAMTODAY.COM, Batam - Belasan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam yang hadir dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-68 di Lapangan Spot Hall, Tumenggung Abdul Djamal, Mukakuning, Sabtu, 17 Agustus 2013, ingin merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Hingga saat ini, sebanyak 732 buruh di PT SCI Batam yang belum mendapatkan hak-haknya, seperti gaji bulan Juli, THR dan pesangon --setelah pimpinan perusahaan asal Jepang itu kabur meninggalkan tanggung jawab, belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Belasan buruh yang hadir pada Uapacara HUT RI ke-68, yang berlangsung pukul 10.00 WIB, itu mewakili ratusan buruh lainnya. Meski mereka belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, namun para buruh ini terlihat sangat antusias untuk mengikuti jalannya upacara.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, belasan buruh ini dengan sikap tegap dan penuh hikmad turut menghormat Sang Merah Putih yang dikibarkan oleh Paskibra Kota Batam. Bahkan, hormatan yang dilakukan buruh ini sama dengan beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemko Batam yang turut sebagai peserta upacara.

Suprapto, Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, mengatakan kehadiran buruh dalam upacara tersebut sebagai bentuk rasa cinta mereka terhadap Bangsa Indonesia yang kini sudah menginjak kemerdekaan 68 tahun lamanya.

Dalam kesempatan itu juga, buruh PT SCI Batam ingin memperlihatkan betapa rasa kemerdekaan itu belum mereka rasakan, lantaran apa yang menjadi hak-hak mereka belum terpenuhi oleh pengusaha yang kabur.

"Awalnya kita rencanakan semua buruh PT SCI Batam ikut upacara ini. Tetapi, karena undangan sebagai peserta tidak ada dari panitia, kami datang sebagai rakyat yang mencintai Tanah Air Indonesia," kata dia kepada BATAMTODAY.COM, di lokasi.

Meski berada di luar barisan peserta upacara, namun buruh ini tetap mengikuti jalannya upacara sempai selesai. Selanjutnya, buruh itu pun meninggalkan lokasi Lapangan Spot Hall, Tumenggung Abdul Djamal, Muka Kuning tempat berlangsungnya upacara untuk kembali ke lokasi perusahaan di daerah Batam Center.

Editor: Dodo