Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tujuh Perusahaan di KIB Lobam Tidak Liburkan Karyawan pada HUT RI
Oleh : Harjo
Jum'at | 16-08-2013 | 17:53 WIB
Kawasan-industri-lobam.jpg Honda-Batam
Kawasan Industri Lobam difoto dari udara.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Karyawan yang bekerja Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, mengeluhkan tidak adanya libur pada saat hari kemerdekaan, 17 Agustus. Mereka tetap diharuskan masuk seperti biasanya.


"Walau pun dalam kalender ditetapkan sebagai tanggal merah, tapi kami tetap bekerja. Jadi, kami tidak bisa menikmati hari kemerdekaan," keluh Wati, salahseorang karyawati  perusahaan KIB Lobam, kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjunguban, Jumat (16/8/2013).

"Kami sadar, perusahaan tempat kami bekerja milik asing. Tapi hendaknya memperhatikan hak warga negara yang menjadi pekerjanya," ujar Wati.

Sementara, PT Singatac Bintan di KIB Lobam, sejak dua hari lalu telah mengumumkan kepada karyawannya agar pada tanggal 17 Agustus 2013 tetap masuk kerja seperti biasa mulai pukul 08.00 WIB. Manajemen perusahaan beralasan, hal itu dilakukan mengingat kebutuhan produksi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bintan, Jamin Hidajat, mengakui, ada sekitar  tujuh perusahaan di KIB Lobam yang tetap beroperasi seperti biasa pada hari kemerdekaan. "Mereka beralasan mengejar target produksi, sehingga karyawan tetap bekerja," terangnya.

Namun dia mengimbau kepada pihak perusahaan yang tetap mewajibkan karyawannya bekerja pada hari libur nasional,agar benar-benar menjalankan peraturan dan perundangan yang berlaku dan tidak ada yang melakukan penyimpangan.

"Kalau nanti ditemukan, karyawan dipekerjakan pada hari kemerdekaan dan pembayaran gajinya tidak sesuai, maka Apindo siap maju untuk memperjuangkannya," tegas Jamin. (*)

Editor: Dodo