Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Hal Penting Memilih Pembiayaan Kredit Motor
Oleh : Redaksi
Jum'at | 16-08-2013 | 12:43 WIB
motor_bekas.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Membeli motor secara kredit tidak bisa sembarang. Sesal kemudian tiada berguna. Banyak risiko yang mengintai jikalau konsumen tidak berhati-hati dalam memilih perusahaan pembiayaan atau kredit. Karena itu, berhati-hatilah sejak awal.

Otosia, Jumat (16/8/2013) melansir ada beberapa panduan yang dapat dijadikan acuan bagi konsumen dalam memilih perusahaan pembiayaan/kredit. Tujuannya agar konsumen tidak dirugikan.Siapa pun perusahaan pembiayaan kredit yang dipilih konsumen, setidaknya harus mempunyai kualitas dalam tiga hal.

Pertama, harus memiliki perjanjian kredit yang mudah dipahami konsumen. Selain itu, konsumen harus menerima salinan atau copy dari perjanjian kredit tersebut. Selama ini banyak konsumen yang tidak memahami, bahkan tidak memiliki surat perjanjian kredit.

Kedua, selama kredit berlangsung, secara otomatis motor harus diasuransi oleh perusahaan pembiayaan. Asuransi ini penting, karena risiko pemilik motor cukup banyak, seperti rusak hingga kehilangan.

Ketiga, perusahaan pembiayaan tidak mempersulit atau memperlambat konsumen memiliki BPKB motor. BPKB harus langsung diberikan kepada konsumen saat pelunasan kredit. Tidak jarang banyak perusahaan pembiayaan meski sudah lunas kredit, tapi konsumen belum memperoleh BPKB.

Editor: Dodo