Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah GM PT SCI Batam Digeruduk Ratusan Buruh
Oleh : Gokli
Selasa | 13-08-2013 | 12:45 WIB
sci buruh geruduk rumah.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh PT SCI saat berada di gerbang Perumahan Citra Batam.

BATAM, batamtoday - Rumah General Manager (GM) PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam, Rudi Harianto di Perumahan Citra Indah, Batam Center Blok C-5 digeruduk ratusan buruh, Selasa (13/8/2013) sekitar pukul 12.00 WIB.

Aksi ratusan buruh ini dilakukan secara spontan. Sebab, para buruh itu menilai selama ini Rudi tidak transparan terkait kaburnya tiga orang manajemen PT SCI Batam asal Jepang.

Ketidaktransparanan itu terlihat ketika tuntutan buruh akan gaji, THR dan pesangon sejak tiga bulan lalu belum tuntas hingga sekarang. Bahkan, penjelasan ataupun keterangan dari pihak manajemen yang ada di Batam maupun di Jepang juga belum ada.

Sugeng, Wakil Ketua III PUK PT SCI Batam, mengatakan agenda PUK untuk mendatangi kediaman Rudi Harianto sama sekali tidak ada. Tetapi, buruh yang sudah kesal menunggu ketidak pastian di lokasi perusahaan tiba-tiba bergerak menuju perumahan Citra Indah.

"Ini aksi spontan saja, kawan-kawan pada kesal karena Rudi tak pernah transparan. Untuk melihat kondisi buruh saja dia tidak pernah apalagi mau menjelasakan kondisi sebenarnya. Wajar para buruh kesal," kata dia, di lokasi.

Aksi spontan buruh ini tidak berlangsung lama. Pasalnya, Rudi beserta keluarganya berupaya menghindar dan mengelak untuk menemui buruh.

Editor: Dodo