Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daging Ayam Segar di Pasar Toss 3000 Tembus Rp48 Ribu
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 06-08-2013 | 13:35 WIB
daging_sapi_toss_lebaran.jpg Honda-Batam
Pembeli memadati penjual daging di Pasar Toss 3000.

BATAM, batamtoday - Harga daging ayam segar terpantau naik menjelang lebaran. Di Pasar Toss 3000, Batam, harganya mencapa Rp48 ribu per kilogram.

Meski mengalami kenaikan sekitar Rp18 ribu, namun tak menyurutkan niat pembeli untuk membelinya guna menyambut Idul Fitri.

"Kalau harga daging ayam beku juga mengalami kenaikan, selisih dua ribu rupiah dengan ayam segar," kata Prapto, pedagang daging ayam, Selasa (6/8/2013).

Sementara untuk harga daging sapi impor, Prapto membanderol harganya di Rp 73 ribu per kilogram.

"Harganya tidak terlalu melonjak namun saya menilai kalau di pasar kecil tentunya harga ayam melonjak 30 persen pasalnya pedagang mengambil barang dari pasar ini," kata Prapto.

Menurutnya kenaikan harga tidak terlalu signifikan dikarenakan pasokan daging banyak dan lancar.

"Ayam sendiri dipasok dari Barelang, kebetulan ayam jelang hari raya sedang panen, hal ini membut pedagang tidak memasok ayam dari luar daerah," kata dia.

Pantauan batamtoday di pasar tradisional Toss 3000 harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yang sangat tinggi antara lain cabai hijau dan cabai merah. Kini harga cabai hijau mencapai Rp30 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai merah bertengger di harga Rp50 ribu per kilogram.

Kenaikan ini dipicu seretnya pasokan lantaran cuaca buruk yang melanda perairan Kepri beberapa hari terakhir.

Editor: Dodo