Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasib Ratusan Buruh PT SCI Batam di Tangan Wali Kota
Oleh : Gokli
Sabtu | 03-08-2013 | 14:17 WIB
petra tarigan.jpg Honda-Batam
Petra Tarigan.

BATAM, batamtoday - Petra Tarigan, salah satu pengamat perburuhan di Batam menilai nasib sebanyak 732 buruh PT SCI berada di tangan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Sebab, Wali Kota sebagai ketua Tripartit yang dapat memediasi antara buruh dengan pengusaha.

"Kalau pengusahanya kabur, panggil itu asosiasinya yaitu Apindo dudukkan bersama buruh dan cari solusinya. Jangan diam saja dan tak ada ceritanya itu menganggarkan APBD untuk menyelesaikan kasus PT SCI," jelas dia, kemarin di Gedung DPRD Batam pada saat ratusan buruh PT SCI menduduki gedung tersebut.

Menurut dosen di Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) itu, Wali Kota Batam harus bertanggungjawab terhadap nasib ratusan buruh di PT SCI. Jika langkah tripartit ini tidak dilakukan kecil kemungkinan kasus di PT SCI dapat tertuntaskan.

Tak hanya itu, kata Petra, Wali Kota Batam melalui Pemerintah Pusat dapat mengoordinasikan dengan Duta Besar (Dubes) Indonesiadi Jepang untuk mencari pengusaha PT SCI atau langsung ke induk perusahaannya yang ada di Negeri Matahari Terbit itu.

"Memang saya bukan bagian dari pada buruh PT SCI, tetapi saya prihatin dengan nasib mereka yang dilepar kesana kemari tak ada kepastian. Saya siap membantu buruh ini mencarikan solusi jika memang diperlukan," kata dia.

Editor: Dodo