Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda Muhammadiyah Bukan 'Kaki Tangan' Parpol
Oleh : Agus
Sabtu | 03-08-2013 | 11:45 WIB
logo_pemuda_muhammadiyah_110117161612.JPG Honda-Batam
Pemuda Muhammadiyah.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemuda Muhammadiyah bukan merupakan organisasi sayap partai politik tertentu. Pemuda Muhammadiyah,  sama halnya dengan ormas Muhammadiyah, merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang independen yang bergerak dalam bidang pemberdayaan sosial dan pendidikan.


"Pemuda Muhammadiyah, sama halnya dengan Muhammadiyah, bukan organisasi sayap, underbow, atau kaki tangan parpol tertentu. Muhammadiyah adalah organisasi sosial yang independen," tegas Muhammad Rauf, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Tanjungpinang, saat buka puasa bersama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), di Masjid Attaqwa Kauman Muhammadiyah, Jumat (2/8/2013).

Dia mengakui ada sejumlah simpatisan terlibat dalam berbagai parpol. "Tapi itu atas nama pribadi, tak ada kaitannya dengan Muhammadiyah," tegasnya lagi.

Bahkan, imbuh Rauf, Pemuda Muhammadiyah juga organisasi yang otonom dari induknya. Karena merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, Pemuda Muhammadiyah tak akan terlibat dalam gerakan politik praktis. Dalam pemilu nanti pun Pemuda Muhammadiyah akan bersikap netral.

"Kalau atas nama pribadi silakan. Yang jelas kita adalah organisasi nonpartisan," terangnya.

Tahun ini, imbuh Rauf, Pemuda Muhammadiyah sudah menyusun kegiatan-kegiatan yang fokus kepada pemberdayaan masyarakat. "Insya Allah itu akan kita laksanakan tahun ini," 
ujarnya. (*)

Editor: Dodo