Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Brokoli Tingkatkan Energi Tubuh
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-08-2013 | 16:06 WIB

BATAM - Penelitian tentang brokoli menunjukkan khasiat sayuran hijau ini untuk melawan kanker. Ini kerena brokoli mengandung senyawa phytochemical yang menghambat enzim HDAC dan gen tertentu untuk menekan perkembangan kanker. Kandungan antioksidan-nya juga disebut meningkatkan fungsi kognisi dan menghambat penuaan dengan menghalau racun tubuh. 

Selain manfaat di atas, penelitian terbaru dari Institute of Food Research di Norwich, Inggris mengungkap bahwa brokoli mengandung glucoraphin yang akan bereaksi kimia membentuk energi tubuh. 

Untuk membuktikannya, para ahli meneliti 19 responden pria dan wanita, sebelum dan sesudah mengonsumsi brokoli. Sebagian relawan diminta untuk menghabiskan 400 gram brokoli yang dicampur dengan makanan lain. Tiga kali seminggu, selama tiga bulan. Sementara sebagian responden lain hanya diperbolehkan mengonsumsi kacang polong. 

Dilansir Daily Mail, anggota tim penelitian Profesor Richard Mithen mengatakan bahwa konsumsi brokoli kaya glucoraphin akan langsung bereaksi dengan mitokondria, sel yang bertugas menghasilkan energi. 

Cara pengolahan

Brokoli yang memiliki nama latin Brassica oleracea ini hanya boleh direbus dalam waktu singkat, sekitar 3-5 menit. Resep kuno romawi ini dimaksudkan agar vitamin di dalamnya tidak banyak larut dalam air.
 
Untuk menambah rasa, campur potongan brokoli rebus dengan anggur merah, minyak zaitun, ketumbar, jintan dan irisan bawang merah. Cara lain penyajian brokoli adalah dengan mengukus hingga lunak. Kemudian, campur dengan saus pasta, bawang putih, bawang bombay, tomat, dan saus sambal. 

Sumber: viva.co.id