Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji di Kepri Aman Selama Lebaran
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 31-07-2013 | 10:46 WIB

BATAM, batamtoday - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang membawahi wilayah, yakni Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau  menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji terpenuhi selama Idul Fitri 2013.

Branch Manager Marketing Pertamina Kepri, Aji Anom Purwasakti mengatakan pihaknya telah mengambil langkah-langkah dan persiapan untuk mengantisipasi timbulnya lonjakan pemakaian BBM dan non BBM untuk konsumen selama merayakan lebaran.

"Hasil evaluasi tahun sebelumnya, selalu ada peningkatan kebutuhan BBM dan elpiji setiap perayaan lebaran," kata Aji Anom kepada wartawan di Kantor Pemasaran Pertamina Batam, Selasa (31/7/2013).

Berdasarkan data tahun 2012, peningkatan kebutuhan BBM sektor trransportasi jenis premium diperkirakan terjadi pada H-7 hingga H+7 dan rata-rata mencapai 11 persen kebutuhan per hari.

"Angka akan bertambah mencapai 20 persen saat puncak arus mudik (H-2) dan arus balik (H+2)," terangnya.

Menurutnya, selama menjelang lebaran tahun 2013 ini kebutuhan BBM jenis solar sehari-hari di Batam mencapai 400 ton perhari, sedangkan BBM premium mencapai 800 ton per hari.

"Mengantisipasi kebutuhan BBM selama lebaran nanti masyarakat tidak perlu takut karena Pertamina sudah menyiapkan cadangan BBM sebesar 20 persen," lanjutnya.

Sama seperti BBM, kebutuhan masyarakat atas elpiji juga meningkat tiap tahunnya, pada tahun lalu peningkatan tercatat 8 persen. Tahun 2013 ini diperkirakan kenaikan mencapai 10 persen dari kebutuhan rata-rata.

Khusus masyarakat Kepri tak perlu takut karena kebutuhan elpiji dapat dipenuhi oleh Depot Pertamina Tanjung Uban, yang merupakan depot Buffer Stok terbesar di Sumatera yang dapat memenuhi kebutuhan Indonesia Barat.

Mengantisipasi hal yang tak diinginkan terjadi, PT Pertamina (Persero) Marketing mengambil langkah persiapan untuk membentuk tim Satgas pemantauan distribusi BBM dan non BBM selama Idul Fitri mulai 24 Juli 2013.

"Tugas tim Satgas yang dibentuk yaitu untuk menjaga dan memantau kelancaran pelayanan dan persiapan BBM, menjaga sarana dan fasilitas di terminal dan depot serta koordinasi dengan instansi lain," tambahnya.

Masih kata dia, Pertamina akan menambah suplai point untuk waktu pelayanan dan tetap buka pada hari libur, khususnya H-7 dan H+7 lebaran. Selain itu, SPBU disejumlah jalan protokol untuk bisa buka 24 jam agar bisa melayani kebutuhan masyarakat.

"Tim satgas akan menggelar sidak ke sejumlah SPBU untuk memantau persediaan stok BBM," katanya mengakhiri.

Editor: Dodo