Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minum Teh Lima Cangkir Sehari, Kurangi Risiko Kanker Prostat Sampai Sepertiganya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-07-2013 | 19:37 WIB

MAASTRICHT - Anda suka minum teh? Syukurlah kalau begitu. Hasil penelitian menunjukkan, meminum lima cangkir teh atau lebih dalam sehari bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga sepertiganya.


Pria yang minum lima cangkir atau lebih setiap hari menurunkan risiko untuk terkena kanker prostat stadium IV hingga 33 persen. Mereka juga menurunkan 25 persen risiko mencapai tahap II, dibandingkan dengan mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

Tahap II adalah di mana tumor telah tumbuh di dalam kelenjar prostat tetapi tidak menyebar. Sementara kanker stadium IV telah menyebar. Biasanya ke kelenjar getah bening, tulang atau hati.

Dikutip dari Daily Mail, para ilmuwan meyakini senyawa alami dalam teh yang disebut flavonoid, menghambat sel-sel kanker dari tumor pembentuk.

Bagaimana jika teh dicampur susu, gula atau krim? Tak mengapa. Manfaat kesehatannya tetap tak berkurang.

Para ilmuwan di Belanda menganalisis data pada 58.279 pria, dan menemukan 3.362 kasus kanker prostat, termasuk 1.164 kanker stadium lanjut.

Dengan mencari tahu berapa banyak pria yang minum teh dan apa saja makanan yang mereka makan, mereka dapat dibandingkan dengan kurangnya asupan flavonoid dengan catatan kesehatan mereka.

Dr Milan Geybels, peneliti utama di Maastricht University, mengatakan, "Kami memiliki data pada stadium tumor untuk kebanyakan kasus yang memungkinkan untuk stratifikasi data terhadap tahap penyakit. Studi kami termasuk sejumlah besar kanker prostat stadium lanjut."

Satu cangkir teh menyediakan sekitar 150-200 mg flavonoid dan merupakan sumber terkaya dalam makanan di Inggris. Setiap tahun sekitar 41.000 pria di Inggris didiagnosis dengan kanker prostat dan hampir 11.000 meninggal akibat penyakit tersebut. (*)

Editor: Dodo